SLAMET EFENDI (2016) KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE, DAN PERTAMAX TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (50kB)
Halaman Judul.pdf
Download (443kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (215kB)
Abstract.pdf
Download (8kB)
Bab I.pdf
Download (114kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (729kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (868kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (106kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (725kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Saat ini perkembangan dunia otomotif semakin pesat akan tetapi di sisi lain
dapat menimbulkan efek negatif, yaitu gas buang dari hasil pembakaran bahan bakar
yang tidak terbakar secara sempurna. Gas buang kendaraan menghasilkan unsur CO,
NOx, HC, CO2, H2O, NO, dan NO2 yang diantaranya bersifat polutif atau dapat
mencemari lingkungan. Kenyataanya, 70% polusi udara dihasilkan oleh motor bakar.
Pengujian ini dilakukan dengan variasi bahan bakar premium, pertalite, dan
pertamax. Dan dilakukan di mototech Yogyakarta untuk pengujian torsi dan daya,
Hendriansyah Margo Motor Center (HMMC) untuk pengujian konsumsi bahan bakar
dan bisa juga untuk pengujiang torsi daya, dan laboratorium Teknik Otomotif UNY
untuk pengujian emisi gas buang. Sedangkan untuk metode penelitianya mengunakan
metode throttle spontan yaitu dengan memutar gas secara mendadak sampai rpm
tertinggi dan metode throttles per rpm yaitu dengan memutar gas secara berlahan
sesuai per rpm kemudian di tahan sesuai rpm yang diharapkan.
Hasil penelitian ini adalah perbandingan torsi, daya, konsumsi bahan bakar,
dan emisi gas buang, hasil pengujian ini juga menunjukkan tidak semua bahan bakar
dengan angka oktan tinggi dapat menghasilkan torsi dan daya yang tinggi juga,
sedangkan untuk bahan bakar dengan angka oktan tinggi diperlukan perlakuan khusus
pada kendaraan yang memiliki rasio kompresi rendah, dan perlu dihindarkan juga
dari kondisi mesin detonasi atau pembakaran yang tidak tepat pada waktunya.
Kata kunci : emisi gas bung, fariasi bahan bakar, kunsumsi bahan bakar, motor 4
langkah, torsi dan daya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EMISI GAS BUNG, FARIASI BAHAN BAKAR, KUNSUMSI BAHAN BAKAR, MOTOR 4 LANGKAH, TORSI DAN DAYA. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:37 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24115 |