YUNI FIRAYANTI (2005) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT. AQUARIUM SHRIMP PONTIANAK KALIMANTAN BARAT DALAM MENJAGA HUBUNGAN DENGAN KONSUMEN MANCANEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (323kB)
Abstract.pdf
Download (51kB)
Bab I.pdf
Download (886kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (766kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (45kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan fakta tentang kegiatan customer relations dalam menjaga hubungan dengan konsumen mancanegara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik interview (wawancara), observasi, dokumentasi dan melalui studi pustaka. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif artinya penelitian akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata/ lisan dari orang-orang/ perilaku yang dapat diamati. Dan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kegiatan customer relations di PT Aquarium Shrimp Pontianak bertujuan untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan konsumen, mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan serta untuk membangun citra positif perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan customer relations sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dilihat dari tercapainya tujuan yang dijalankan. Tetapi untuk pelaksanaan kegiatannya PT. Aquarium Shrimp Pontianak tidak memiliki strategi yang berjalan dengan baik. Hal yang dilakukan perusahaan hanya sebatas menanamkan kepercayaan dari kedua belah pihak agar seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Adapun 4 tahapan yang dilakukan oleh public relations, yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tidak pemah dilakukan sebagaimana mestinya yang dilakukan oleh perusahaan lain. Kegiatan customer relations di PT. Aquarium Shrimp Pontianak dilakukan melalui media elektronik, yaitu telepon, intemet, dan facsimile. Upaya yang dilakukan untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan pelanggan dalam mempertahankan pelanggan dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mengemukakan kritik, saran maupun keluhan bagi perkembangan perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:16 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24143 |