NILAI-NILAI PENDIDIKAN IMAN DALAM AL-QUR'AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS

Ramadhani Gani Bilhaq (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN IMAN DALAM AL-QUR'AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan iman dalam Al-Qur’an, kemudian mendeskripsikan langkah-langkah
dalam menanamkan nilai-nilai tersebut ke dalam hati umat Islam, dan juga
menganalisis relevansi antara nilai-nilai pendidikan iman dalam Al-Qur’an dengan
pendidikan karakter integritas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research).
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Data yang
telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis wacana
(discourse analysis). Analisis Wacana adalah metode untuk mengkaji wacana yang
terkandung dalam pesan-pesan komunikasi baik secara tekstual maupun
kontekstual. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an sedangkan
sumber data sekunder diperoleh dari kitab-kitab Islam, jurnal-jurnal, buku-buku
serta karya ilmiah lainnya.
Penelitian ini memperlihatkan bahwa Al-Qur’an di dalamnya terkandung
banyak nilai-nilai pendidikan iman yang di antaranya Al-Qur’an mendidik akidah
monoteisme, Al-Qur’an mendidik sikap senantiasa bersama dengan Allah, AlQur’an mendidik umat Islam untuk meyakini pertolongan dan janji Allah.
Beberapa langkah menanamkan nilai-nilai keimanan dalam hati umat islam di
antaranya dengan memperdalam pengetahuan umat Islam tentang Allah SWT,
merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW, serta
mempelajari kebaikan-kebaikan Islam. Nilai-nilai pendidikan iman dalam AlQur’an relevan dengan pendidikan karakter integritas karena seseorang yang jujur
dalam imannya akan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas yang merupakan
bentuk dari sikap tanggung jawab atau amanah yang diajarkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 01:53
Last Modified: 04 Nov 2021 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item
View Item