REPRESENTASI BUDAYA REMAJA DALAM FILM VIRGIN

FAJAR SASORA (2006) REPRESENTASI BUDAYA REMAJA DALAM FILM VIRGIN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB)

Abstract

Film Virgin merupakan film bertema remaja yang merepresentasikan kehidupan remaja ibukota Jakarta dengan segala kebobrokannya. Penyimpangan yang ditonjolkan film Virgin inilah yang menimbulkan kontroversi di dalam masyarakat. Walaupun banyak kontroversi, film garapan Hani R Saputra ini mcraih kesultscsan dengan penonton sebanyak 1,2 juta. Bertolak dari hal tersebut, menggugah rasa tertarik penulis untuk meneliti film bertema remaja dan budayanya dalam representasi film Virgin. Film ini merupakan film ber-genre remaja dimana di dalamnya terdapat aktifitas budaya reniaja ibulcota. Jakarta dengan berbagi macam konfliknya. Metode yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika Roland Barthes. Analisis semiotika membedah makna-makna yang diproduksi dan direpresentasikan dalam film Virgin. Penelitian ini bedenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana dalam penelitian ini menganggap makna sebagai perhatian utamanya. Setelah melalui proses yang panjang hingga pada tahap akhir penelitian ini, membuahkan basil bahwa representasi budaya remaja dalam film Virgin terdapat idiologi yang berperan dibalik film Virgin, yaitu budaya pop yang tercermin dad industri budaya, komoditas hingga konsumerisme yang telah melanda remaja ibukota Jakarta. Budaya pop ini masuk melalui fasyen yang serta merta direproduksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BUDAYA REMAJA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:20
Last Modified: 02 Feb 2022 04:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24238

Actions (login required)

View Item
View Item