MEDIA DAN KEPUASAN KHALAYAK (ANALISIS USES AND GRATIFICATION PENGGUNAAN MEDIA DAN KEPUASAN KHALAYAK PENDENGAR RADIO BAHANA FM PADA ACARA B'TARI DI KELURAHAN BERAN NGAWI)

CITRA OKTORA WIDYAWATI (2007) MEDIA DAN KEPUASAN KHALAYAK (ANALISIS USES AND GRATIFICATION PENGGUNAAN MEDIA DAN KEPUASAN KHALAYAK PENDENGAR RADIO BAHANA FM PADA ACARA B'TARI DI KELURAHAN BERAN NGAWI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB)

Abstract

Radio siaran sebagai salah satu objek studi ilmu komunikasi massa, saat ini menjadi media masa yang keberadaannya begitu akrab dengan kehidupan manusia. Keadaan tersebut tidak terlepas dari identiknya radio dengan musik. Sajian musik menjadi salah satu alasan bagi khalayak media radio untuk mendengarkan siarannya. Sehubungan dengan hal itu, salah satu radio siaran yang berada di wilayah Ngawi menawarkan kepada pendengar sajian musik yang berakar pada tradisi budaya Jawa seperti Campur Sarl. Memperhatikan sambutan baik pendengar terhadap programa musik yang demikian, maka radiq Bahana sebagai suatu stasiun penyiaran untuk remaja turut mencoba menghadannya bagi pendengar. Dalam setiap penyiarannya, ternyata programa musik Campur Sari yang bernama B'TARI ini mendapat tanggapan positif. Tanggapan pendengar B'TARI yang demikian dapat diartikan sebagai bentuk kepuasan. khalayak terhadap programa musik tersebut. Penulis juga mengasumsikan dua hal yang berpengaruh pada kepuasan itu, yaitu tingkat kemenarikan programa dan aktivitas khalayak dalam mendengarkan programa tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyajian programa musik B'TARI dan kepuasan khalayak, serta untuk mengetahui pengaruh aktivitas khalayak dalam mendengarkan programa musik tersebut terhadap hubungan di atas.

Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kuantitatif yakni, suatu metode dalam meneliti kasus sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Adapun variabel- variabel dalam penelitian meliputi: variabel independen (penyajian programa musik B'TARI radio Bahana; X), variabel dependen (kepuasan khalayak; Y) dan variabel intervening (aktivitas mendengarkan; Z). Sebagai sebuah penelitian survey, informasi dari responden diperoleh dengan menyebar kuesioner. Responden penelitian ini adalah warga Kelurahan Beran Ngawi. Dari 11.406 jiwa warganya, dengan menggunakan rumus Yamane didapatkan sampel sebanyak 99 orang, yang pemilihannya menggunakan teknik accidental sampling. Sedangkan untuk teknik analisa data dipergunakan rumus korelasi Tata Jenjang Spearman.

Setelah dilakukan penelitian dan penganalisaan terhadap data lapangan, diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen (X) dan variabel dependen pada taraf kepercayaan 99,95 % dengan besarnya r,- 0.736. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh faktor aktivitas responden dalam mendengarkan programa musik B'TARI radio Bahana FM

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:35
Last Modified: 17 Jul 2023 08:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24414

Actions (login required)

View Item
View Item