Nur Hidayat (2020) MODEL PENOIDlKAN KARAKTER 01 PONDOK PESANTREN PABELAN MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (727kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (672kB)
Bab I.pdf
Download (348kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (990kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan
karakter yang ada di pondok pesantren Pabelan Magelang Jawa
Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, yaitu (a)
merosotnya nilai-nilai moral, budi pekerti luhur, dan karakter pada anak
didik, (b) pentingnya merumuskan kembali model pendidikan karakter
yang bersumber dari pondok pesantren untuk dikembangkan pada
lembaga lain, (c) tujuan model pendidikan karakter dari pondok
pesantren Pabelan adalah untuk membentuk budaya pesantren yang
dilakukan melalui metode keteladanan dan pembiasaan, (d) model
pendidikan karakter di pondok pesantren Pabelan lebih menekankan
pada nilai-nilai kultur dan kepribadian yang berbasis pada normanorma agama, (e) mendukung program pemerintah yang dicanangkan
oleh M. Nuh mantan Mendiknas yaitu, Pendidikan Karakter sebagai
Pilar Kebangkitan Bangsa: “Raih Prestasi, junjung tinggi Budi
Pekerti”
Penelitian ini bertujuan menjawab rumusan masalah; (a)
Bagaimana konsep pendidikan karakter di pondok pesantren Pabelan?
(b) Bagaimana implementasi model pendidikan karakter di pondok
pesantren Pabelan ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Fenomenologis, dimana peneliti melihat
peristiwa secara langsung di pondok pesantren Pabelan dan masyarakat
sekitar yang ditelitinya. Sedangkan analisisnya memakai analisa
holistik-integratif. Kemudian untuk pengumpulan data dilakukan
dengan, (a) wawancara, (b) observasi, (c) dokumentasi, dan (e)
triangulasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan teorinya Miles and
Huberman, yaitu mulai dari data reduction, data display, dan
verification.
Penelitian ini menemukan beberapa hasil sebagai berikut; 1.
Konsep pendidikan karakter di pondok pesantren Pabelan meliputi, 1)
Nilai Religius, 2) Kepedulian Sosial, 3) Kerja Keras, 4) Mandiri, 5)
Tanggung Jawab, 6) Disiplin, dan 7) Kesederhanaan. 2. Implementasi model pendidikan karakter di pondok pesantren Pabelan melalui; model
keteladanan dan model pembiasaan. 2.a. Model keteladanan, meliputi
pendidikan langsung kepada para santri, kesabaran dalam memberi
contoh kepada santri, beribadah dan beramal hanya karena Allah
(ikhlas), kesederhanaan, semangat hidup yang tinggi, kerja keras,
sungguh-sungguh, wawasan yang terbuka, dan kewibawaan, 2.b.
Model pembiasaan, meliputi kegiatan shalat berjama`ah santri,
muhadharah/khitabah santri, belajar santri, tidur santri, olah raga santri,
pramuka santri, makan santri, dan kegiatan mengaji santri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 01:59 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2445 |