PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KOTA TERNATE (FKUB TERNATE) DALAM PENGEMBANGAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

NURUL ZAKIAH (2016) PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KOTA TERNATE (FKUB TERNATE) DALAM PENGEMBANGAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

Kota Ternate sebagai salah satu kota di Provinsi Maluku Utara, yang pernah dilanda konflik horizontal antara Islam dan Kristen pada tahun 1999, dan sejak tahun 2006 di kota ini telah ada forum kerukunan umat beragama (FKUB), akan tetapi pertikaian di intern maupun antara umat beragama terkadang masih terjadi di Kota Ternate. Untuk itu penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang sejauh mana peranan dari FKUB dalam mencegah konflik umat beragama dan upaya untuk penanggulangan konflik umat beragama di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, sehingga dapat dikembangkan sebuah kerukunan di antara umat beragama. Selain itu, untuk memahami kendala yang dihadapi oleh FKUB dalam mengoptimalkan kerukunan umat beragama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Subyek penelitian ini ialah dewan penasehat FKUB dan anggota FKUB Kota Ternate. Teknik pengumpulan data, dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa peranan dari FKUB Kota Ternate, dalam pencegahan dan penanggulangan konflik umat beragama di Kota Ternate, yaitu: (1) Melakukan dialog keagamaan yang melibatkan tokoh agama dan masyarakat; menampung aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat; menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan walikota; melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan kebijakan dibidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat; serta memberikan rekomendasi tertulis atas permohonan pendirian rumah ibadah. (2) FKUB Kota Ternate mampu melaksanakan peran ideal yang sesuai dengan PBM No.9 dan No.8 Tahun 2006, walaupun peranan yang dijalankan tersebut dalam pelaksanaan masih terdapat banyak kendala. (3) Anggota FKUB dapat memahami dan mencoba mengatasi kendala ataupun hambatan yang dihadapinya selama melaksanakan kegiatan dan dalam mengotimalkan peranannya.
Kata Kunci: Peranan FKUB, Kerukunan Umat Beragama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERANAN FKUB, KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:09
Last Modified: 06 Jan 2022 02:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24599

Actions (login required)

View Item
View Item