PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK MENURUT IMAM AL GAZĀLĪ DAN THOMAS LICKONA

EKA SITI HAJAR (2016) PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK MENURUT IMAM AL GAZĀLĪ DAN THOMAS LICKONA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megungkapkan konsep pemikiran kedua tokoh yang berbeda keyakinan. Kedua tokoh tersebut ialah al-Gazālī dan Lickona. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter menurut kedua tokoh diatas serta relevansinya dengan konsep pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan metode dokumentasi dan komparasi melalui pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis isi (Content Analisys).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter menurut al-Gazālī dan Lickona terdapat perbedaan dan persamaan. Letak persamaanya ialah kedua tokoh ini sama-sama tidak mengabaikan nilai-nilaireligiusitas, sosial, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, cinta damai, dan demokratis. Namun, dalam buku al-Gazālī pembahasan tentang nilai-nilai sosial masih sebatas beramal salih.Sementara dalam buku Lickona pembahasan tentang nilai religiusitas masih sebatas toleransi terhadap umat beragama.Sedangkan perbedaan konsep antara kedua tokoh yakni terletak pada nilai-nilai karakter mengenai menjaga iffah (menjaga kesucian), keberanian, menjaga lingkungan, kreatif dan bijaksana. Adapun relevansi konsep pendidikan karakter al-Gazālī dan Lickona dengan konsep pendidikan karakter di sekolah dapat dikatakan mempunyai relevansi yang berbeda. Dari hasil analisis peneliti, konsep pendidikan karakter Lickona dinilai lebih relevan dengan nilai-nilai pendidikan karkater yang ada dalam kurikulum sekolah di Indonesia daripada konsep pendidikan karakter al-Gazālī.
Key-Word: Pendidikan, karakter, konsep pemikiran al-Gazālī dan Lickona

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN, KARAKTER, KONSEP PEMIKIRAN AL-GAZāLī DAN LICKONA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:17
Last Modified: 28 Jan 2022 02:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24673

Actions (login required)

View Item
View Item