Andi Ikhwanul Ummah (2020) DENTIFIKASI POTENSI KERENTANAN BALIHO YANG DAPAT MENIMBULKAN BENCANA UNTUK PENGGUNA JALAN KOTA (Studi Kasus : Simpang Jalan Laksda Adisucipto – Jalan Jendral Sudirman). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (795kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (733kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (368kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Baliho merupakan suatu alat media atau sarana yang digunakan untuk media promosi atau pemberitaan yang biasanya banyak temui di bahu jalan perkotaan yang selalu dilewati oleh kendaraan, tujuannya agar pengendara yang melintasi jalan tersebut dapat melihat isi dari pemberitahuan yang ada pada baliho tersebut. Baliho dibuat dengan ukuran yang cukup besar baik horizontal ataupun vertical dengan tujuan agar pengendara bisa melihat dengan jelas isi pesan yang disampaikan oleh media baliho tersebut. Disamping manfaatnya yang dapat menyampaikan informasi, baliho juga mempunyai tingkat resiko kecelakaan bagi pengguna jalan, apabila pemasangan baliho dilakukan dengan tidak berdasarkan peraturan yang sudah berlaku. Pengguna Jalan adalah seseorang yang menggunakan jalan untuk berlalu lintas untuk mencapai tempat tujuan. Manusia sebagai pengguna jalan yang berperan sebagai pengemudi ataupun sebagai pejalan kaki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui baliho yang rentan dan berpotensi menimbulkan kecelakaaan bagi pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi konstruksi baliho yang berpotensi menimbulkan bencana bagi pengguna jalan yang ada di simpang Jl. Laksda Adisucipto - Jl. Jendral Sudirman yang dibagi menjadi 5 titik penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif observasional yaitu penelitian dengan cara melihat langsung objek penelitian di lapangan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan.
Didapatkan nilai presentase untuk baliho ukuran kecil sebesar 35.49
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:39 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2498 |