EFEKTIFITAS PELATIHAN HIGH ALERT MEDICINE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE

IRNI SOFIANI (2016) EFEKTIFITAS PELATIHAN HIGH ALERT MEDICINE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Latar Belakang :RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede adalah Rumah SakitType C Khusus berkedudukan di Kota Yogyakarta. Dalam rangka menjaga mutu dan keselamatan pasien rumah sakit terutama dalam hal Peningkatan Keamanan Obat-obat yang Perlu Diwaspadai (High Alert Medication), serta mempersiapkan diri menghadapi akreditasi versi 2012 maka RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede berupaya meningkatkan implementasi Sasaran Keselamatan Pasien tersebut dengan pelatihan kepada petugas. Data kejadian dan penelitian di pelayanan farmasi, serta data secara umum mengenai resiko kejadian yang tinggi di bidang farmasi terutama obat-obat high alert menjadi perhatian untuk diutamakan implementasinya. Metode pelatihan dipilih sebagai salahsatu upaya peningkatan implementasi hal tersebut.
Metode : Jenis penelitian adalah deskriptif menggunakan jenis penelitian campuran (mixedmethodology), dengan kuasi eksperimen.Populasi penelitian adalah karyawan manajemen rumah sakit, dokter, petugas farmasi, bidan dan perawat. Uji Analisis menggunakan statistik deskriptif dan secara kualitatif dengan membandingkan dengan hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dan Pembahasan : Diperoleh hasil t hitung adalah -6,672 dengan nilai signifikansi 0,000.Oleh karenasignifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan antara rata-rata variabel pengetahuan pre test dan post test. Dari tabel output tersebut diperoleh perbedaan rata-rata antara variabel pengetahuan pre testdan post test, yaitu sebesar-2,0625.Untuk variabel sikap,diperoleh hasil bahwa rata-rata variabel sikap pre_test adalah 47,0625dengan jumlah sampel 16 dan standar deviasi 2,886. Sedangkan untuk variabel sikap post_test memiliki rata-rata sebesar 50,500 dengan jumlah sampel 16 dan standar deviasi 3,615.Dari hasil tabel Paired Samples Statistics diketahui bahwa t hitung adalah -2,932 dengan nilai signifikansi 0,010.Oleh karena signifikansi 0,010 < 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan antara rata-rata variabel sikap pre test dan post test. Dalam tabel output tersebut diperoleh perbedaan rata-rata antara variabel sikap pre test dan post test, yaitu sebesar -3,4375.
Kesimpulan : Pelatihan Peningkatan Keamanan Obat-obat Yang Perlu Diwaspadai mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap petugas secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN, OBAT-OBAT YANG PERLU DIWASPADAI , PENGETAHUAN, SIKAP
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 03:20
Last Modified: 22 Jan 2022 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item
View Item