DILA FARHANI NURRAHMAN (2020) PELAKSANAAN FUNSI LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENGAWASAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (431kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
Bab I.pdf
Download (123kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (684kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Ombudsman sebagai Lembaga alternatif bagi seluruh masyarakat dalam
menangani pengaduan, keluhan, maupun ketidakpuasan bagi birokrasi pemerintahan dengan cepat, gratis tanpa harus membayar pengacara dan aman (kerahasiaan Pelapor terlindungi). Lembaga Ombudsman sebagai Lembaga independen ialah suatu Lembaga yang mengawasi proses penyelenggaraan pelayanan publik. Lembaga Ombudsman berada disetiap provinsi dan secara bertahap dibentuk di beberapa daerah termasuk Lembaga Ombudsman DIY. Pembentukan LO DIY dilakukan secara langsung guna membantu pemerintah dalam mendorong tegaknya tata kelola usaha oleh sektor swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya kota Yogyakarta. Saat ini, isu utama pada sistem demokrasi yaitu bagaimana orientasi pemerintaha dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawab pelayanan bagi masyarakat. Tanggung jawab yang
harus diberikan pemerintah salah satunya yaitu pelayanan Pendidikan bagi
seluruh masyarakat. Pengaturan hak atas Pendidikan telah diatur dalam Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 ayat (1) yang menegaskan bahwa setiap orang berhak mendapatkan Pendidikan. Tetapi faktanya, pelayanan Pendidikan masih banyak diwarnai oleh berbagai praktek maladministrasi yang berakibat merugikan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 07:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2541 |