PERAN ORANG TUA BERDASAR PROFESI DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN PRAKTEK IBADAH ANAK (STUDI KASUS DI DESA KREMPONG TEMANGGUNG)

HIDAYAH SETIYANTI (2016) PERAN ORANG TUA BERDASAR PROFESI DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN PRAKTEK IBADAH ANAK (STUDI KASUS DI DESA KREMPONG TEMANGGUNG). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji mengenai peran orang tua dalam pembinaan akhlak dan praktek ibadah anak di Desa Krempong, Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui akhlak anak di Desa Krempong, Temanggung. 2) mengetahui praktek ibadah anak di Desa Krempong, Temanggung. 3) mengidentifikasi peran orang tua di Desa Krempong, Temanggung berdasarkan profesi dalam pembinaan akhlak dan ibadah anak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), adapun pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di saat ini maupun pada masa lampau. Untuk memperoleh data yang cukup dan jelas dalam permasalahan yang dikaji, penulis menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran keluarga (orang tua) yaitu ada empat : modelling, mentoring, organizing, dan teaching. Modelling adalah orang tua merupakan contoh bagi anak-anaknya, mentoring adalah orang tua sebagai penasehat dan sumber kasih sayang bagi anak, organizing adalah keluarga sebagai tim kerja kemudian teaching adalah keluarga sebagai guru bagi anak. Antara keluarga yang berprofesi sebagai petani, pedagang dan guru memiliki perbedaan dalam membina akhlak dan praktek ibadah anak. Perbedaannya yaitu dari keluarga yang berprofesi guru akan lebih baik dalam pemberian contoh, menasehati sekaligus menjadi guru bagi anak. Untuk keluarga yang berprofesi sebagai petani, dengan ilmu seadanya yang dimiliki orang tua, tetap berusaha menjalankan dari empat peran orang tua terebut, berbeda dengan keluarga yag berprofesi sebagai pedagang biasanya akan lebih cuek terhadap akhlak dan ibadah anak. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembinaaan akhlak ibadah anak Antara lain yaitu faktor lingkungan rumah yang religius, kecerdasan orang tua dalam memahami sifat dan karakter anak, faktor sosial, faktor media sosial dan faktor agama.
Key-Word : Akhlak, Ibadah, Peran orang tua

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAN ORANG TUA BERDASAR PROFESI DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN PRAKTEK IBADAH ANAK (STUDI KASUS DI DESA KREMPONG TEMANGGUNG) AKHLAK, IBADAH, PERAN ORANG TUA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:38
Last Modified: 21 Jan 2022 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25644

Actions (login required)

View Item
View Item