LULUK ANISALIHA (2016) IMPLEMENTASI PEMBERIAN HADIAH PADA PRODUK ARISTA PRIMA (ARISAN TABUNGAN PRIMA) DI KJKS PRIMA ARTHA DITINJAU DARI FATWA DSN NO: 86/DN-MUI/XII/2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (20kB)
Halaman Judul.pdf
Download (569kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (122kB)
Bab I.pdf
Download (236kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (471kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (223kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
*116 Latar belakang penelitian adalah adanya hadiah promosi pada produk Arista Prima
(Arisan Tabungan Prima) di KJKS Prima Artha dalam bentuk uang dan pemberian hadiah
setelah terjadinya akad. Dilihat dari fatwa DSN No: 86/DSN-MUI/XII/2012, hadiah promosi
harus diberikan dalam bentuk barang dan/atau jasa, tidak dalam bentuk uang. Dalam hal akad
penyimpanan dana adalah akad wadi‟ah, maka hadiah promosi diberikan sebelum terjadinya
akad wadi‟ah. Judul penelitian ini adalah “Implementasi Pemberian Hadiah pada Produk
Arista Prima (Arisan Tabungan Prima) di KJKS Prima Artha Ditinjau dari Fatwa DSN No:
86/DSN-MUI/XII/2012”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemberian hadiah pada
produk Arista Prima di KJKS Prima Artha. Selanjutnya, untuk mengetahui kesesuaian
implementasi pemberian hadiah pada produk tersebut berdasarkan fatwa DSN No: 86/DSNMUI/
XII/2012. Populasi yang digunakan adalah pihak internal KJKS Prima Artha dan anggota
KJKS Prima Artha. Sampel penelitian terdiri dari 3 pihak internal KJKS dan 6 orang anggota
KJKS yang mengikuti Arista Prima. Adapun sumber data utama diperoleh melalui wawancara
dengan responden. Sementara data tambahan diperoleh melalui studi pustaka, fatwa DSN dan
dokumentasi lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis
data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi pemberian hadiah pada produk Arista Prima belum sepenuhnya sesuai dengan
fatwa DSN No: 86/DSN-MUI/XII/2012 sebab hadiah utama diberikan dalam bentuk uang dan
diberikan setelah terjadinya akad. Selain itu, hadiah berupa doorprize barang pada saat
kegiatan sosialisasi telah diperjanjikan sebelumnya.
Kata Kunci: Hadiah, Fatwa DSN No: 86/DSN-MUI/XII/2012
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HADIAH, FATWA DSN NO: 86/DSN-MUI/XII/2012 |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 06:24 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 06:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25653 |