ISTIANAH (2016) EVALUASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (872kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk lebih memperhatikan pendidikan Al-Qur’an terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini anak autis. Peneliti melihat banyak sekolah yang kurang siap dalam memberikan pelayanan bagi anak dengan kebutuhan khusus (autis) baik dari segi sumber daya manusia maupun fasilitas pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana konsep pembelajaran Al-Qur’an pada anak autis, input pembelajaran Al-Qur’an pada anak autis, proses pembelajaran Al- Qur’an pada anak autis, dan hasil pembelajaran Al-Qur’an pada anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur'an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan evaluatif. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi, observasi, wawancara, uji keabsahan data dan dianalisis dengan model interaktif. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) dari segi konteks, kebutuhan yang belum terpenuhi yaitu siswa memerlukan penanaman-penanaman akhlak melalui ayat-ayat Al-Quran dan mampu membaca serta menghafal ayat Al-Quran dengan pelafalan yang baik, 2) dari segi input, guru belum memiliki kompetensi profesional, penggunaan sarana pembelajaran belum optimal, waktu pembelajaran Al-Quran terbilang kurang, kurikulum terpadu dalam pembelajaran Al-Quran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum ada, serta guru perlu memperbanyak strategi dan metode pembelajaran pada anak autis 3) dari segi proses, kurangnya tenaga pengajar dan siswa yan mengalami tantrum menjadi hambatan pembelajaran, 3) dari segi hasil, tidak ada target pembelajaran sehingga hasil belum bisa dikatakan optimal. Key-Word: Pendidikan Islam, Pembelajaran Al-Qur’an pada Anak Autis
Dosen Pembimbing: | DRS. SYAMSUDIN,M.PD | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN ISLAM, PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK AUTIS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jan 2022 02:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2022 02:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |