NUR RAISAH ULINNUHA (2016) PERAN GURU PAI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWATIL QUR’AN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (71kB)
Halaman Judul.pdf
Download (552kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (978kB)
Abstract.pdf
Download (128kB)
Bab I.pdf
Download (451kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (547kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (209kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (639kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan tersebut.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan cara berfikir induktif dan deduktif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an: 1) Peran guru PAI dalam kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an antara lain adalah sebagai Sebagai pembimbing, pendidik, pengajar, motivator dan teman atau sahabat. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an setiap hari Senin pada pukul 14.30 sampai dengan 15.30, dan terbagi menjadi dua bagian yaitu untuk kelas X bertempat di aula sekolah dan XI di masjid sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuer tilawatil Qur’an ada tiga yaitu metode drill, demonstrasi dan resitasi. 3) Faktor pendukung dalam ekstrakurikuler antara lain dukungan dari pihak sekolah yang positif, bakat dan minat siswa, partisipasi untuk mengikuti musabaqoh dan fasilitas yang memadahi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain waktu tatap muka terbatas, kemampuan dan bakat anak yang berbeda, sarana prasarana kurang memadahi, kualitas suara yang tidak stabil dan padatnya kegiatan sekolah.
Kata Kunci : Peran guru PAI, tilawatil Qur’an
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERAN GURU PAI, TILAWATIL QUR’AN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 03:30 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 03:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25774 |