EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ASRAMA THARIQ BIN ZIYAD MADRASAH MU`ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MUHAMMAD HAFIFULLAH (2016) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ASRAMA THARIQ BIN ZIYAD MADRASAH MU`ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (8MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan efektifitas program pembelajaran bahasa Arab di asrama Thariq Bin Ziyad Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Evaluatif Expost Facto, dengan pendekatan mixed method (kualitatif dan kuantitatif). Subyek penelitian ini terdiri dari 1 Pamong, 2 Musyrif dan 57 Siswa jadi jumlahnya 60 orang dengan cara mengambil nomor absen ganjil. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi partisipan, wawancara terpimpin, dokumentasi. Sedangkan Tekhnik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) Perencanaan program pembelajaran bahasa Arab dalam kategori kurang baik. Hal ini dibuktikan belum ada tujuan pembelajaran bahasa Arab secara tertulis dan baku; (2) pelaksanaan program pembelajaran bahasa Arab dalam kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan bahwa dari ketiga belas program tersebut baru berjalan sepuluh program secara berkelanjutan; (3) Efektifitas program pembelajaran bahasa Arab dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan data bahwa 79,31% kategori tinggi, 17,24% kategori sedang dan 3,44% kategori rendah. Secara keseluruhan hasil penelitian ini cukup baik.
Key-words : Program, Pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEY-WORDS : PROGRAM, PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:31
Last Modified: 21 Jan 2022 02:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25790

Actions (login required)

View Item
View Item