PEMIKIRAN MUHAMMAD FETHULLAH GULEN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM BERMUATAN KEDAMAIAN

SITI NURHAYATI (2016) PEMIKIRAN MUHAMMAD FETHULLAH GULEN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM BERMUATAN KEDAMAIAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan dan pendidikan Islam yang bermuatan kedamaian menurut Muhammad Fathullah Gulen serta kontribusinya bagi pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan riwayat hidup serta menggunakan analisis data deskriptif-analitis. Analisis data yang dilakukan yakni (1) menetapkan tokoh dan menginventarisasi data serta menyeleksinya secara relevan (2) mengklasifikasi data yang terkait (3) mengkaji dan mengabstraksikan data melalui metode deskriptif (4) melakukan analisis kritis terhadap asumsi-asumsi dasar dari sumber-sumber teori tentang pendidikan Islam, lalu melihat kelebihan dan kekurangan dari teori pendidikan Islam serta bagaimana kontribusinya bagi pendidikan Islam di Indonesia (5) membuat kesimpulan-kesimpulan secara cermat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Konsep pendidikan Gulen merupakan suatu proses raihan ilmu pengetahuan yang dijalankan dengan cara menghargai segala usaha guru dan siswa dengan tujuan dasarnya adalah menyadarkan bahwa Allah sebagai Tuhan dengan segala Kuasa-Nya dan menyadari pentingnya moralitas serta spiritualitas dalam menjalani hidup, sehingga dengan adanya penghayatan tersebut dapat membimbing siswa agar berguna bagi nusa dan bangsa. (2) Pendidikan Islam yang bermuatan kedamaian adalah pendidikan yang memandukan kehidupan manusia yang terus berkembang seiring dengan perkembangan IPTEK yang tetap memegang prinsip-prinsip Islam sehingga menjadikannya insan yang berintelektual dan bermoral serta mengedepankan dialog sebagai sarana menciptakan kedamaian yang dimulai dengan menanamkan sikap dalam diri seperti menumbuhkan cinta, mudah memafkan dan bersimpati, serta dapat bertoleransi antar sesama. (3) Kontribusi bagi pendidikan Islam di Indonesia bila diaplikasikan sangat baik dan strategis, hal ini dikarenakan Indonesia mempuyai keanekaragaman baik suku, agama maupun budaya, sehingga perlu dikembangkan toleransi dan dialog antar sesame khususnya dalam proses pembelajaran. Sejalan dengan Gulen pendidikan kedamaian di Indonesia harus berdimensi jangka panjang atau 25 tahun ke depan agar pendidikan bisa melahirkan generasi impian yang unggul dan islami.
Key-Word: Pemikiran, Pendidikan Islam, Kedamaian

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PEMIKIRAN, PENDIDIKAN ISLAM, KEDAMAIAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:28
Last Modified: 10 Jul 2023 04:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25848

Actions (login required)

View Item
View Item