Yogi Purnomo Aji (2021) UNJUK KERJA MESIN DIESEL BERBAHAN BAKAR CAMPURAN BIODIESEL MINYAK JARAK DAN MINYAK GORENG BEKAS DENGAN KOMPOSISI 1:9. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (780kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab I.pdf
Download (148kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (654kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kebutuhan konsumsi bahan bakar minyak yang semakin tinggi ini dikarenakan pertambahan penduduk, industri, dan pertumbuhan ekonomi. Dimana cadangan minyak bumi yang semakin menipis dan akan habis dalam waktu tertentu. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan upaya memanfaatkan minyak nabati menjadi bahan bakar terbarukan, salah satunya biodisel. Dalam penelitian ini menggunakan campuran bahan baku biodiesel minyak jarak dan biodiesel minyak goreng bekas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bahan bakar bahan bakar biodiesel berupa daya, konsumsi bahan bakar spesifik, dan karakteristik injeksi. Penelitian ini menggunakan bahan bakar campuran biodiesel minyak jarak-minyak goreng bekas kemudian dicampur dengan solar murni.
Bahan bakar biodiesel divariasikan menjadi B5, B10, B15, dan B20. Kemudian melakukan pengujian sifat fisik bahan bakar berupa densitas, viskositas, titik nyala api (flash point) dan nilai kalor. Setelah itu, pengujian karakteristik injeksi dan pengujian kinerja mesin diesel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik injeksi bahan bakar B5, B10, B15 dan B20 memiliki semprotan lebih panjang tetapi sudut semprotannya lebih kecil daripada bahan bakar solar murni.
Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahan bakar biodiesel B5 mampu menghasilkan daya tertinggi sebesar 3,25 kW pada pembebanan 1000watt dan bahan bakar B20 memiliki daya terendah yaitu 1,43 kW. Daya, putaran mesin, dan konsumsi bahan bakar atau Spesific fuel consumption (SFC) pada bahan bakar biodisel B20 lebih rendah dari solar yaitu sebesar 0,45 kg/kW.jam. Hasil pengujian karakteristik injeksi menunjukkan solar murni memiliki sudut semprotan yang paling besar akan tetapi semprotan penetrasi terpendek, sedangkan bahan bakar biodiesel B20 memiliki semprotan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2600 |