PENGARUH MUTU PELAYANAN DOKTER TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI POLIKLINIK UMUM INSTALASI RAWAT JALAN RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

TATI FATMAWATI (2016) PENGARUH MUTU PELAYANAN DOKTER TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI POLIKLINIK UMUM INSTALASI RAWAT JALAN RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.doc

Download (30kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang: Tenaga dokter merupakan salah satu sumber daya utama
yang memberikan pelayanan langsung kepada pasien. Mutu pelayanan dokter di
Rumah Sakit akan membentuk sikap dan kepercayaan pasien berkaitan dalam
penggunaan kembali layanan rumah sakit. Pasien yang loyal akan mempunyai
keterikatan dengan rumah sakit dan memungkinkan terwujudnya hubungan jangka
panjang. Tujuan mengetahui pengaruh keterampilan teknis, hubungan
interpersonal, ketersediaan informasi dan keterlibatan pasien terhadap loyalitas
pasien di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan di RS PKU Muhammadiyah
Bantul.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik inferensial dengan
pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien lama di Poliklinik
umum instalasi rawat jalan RS PKU Muhammadiyah Bantul. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data
menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dan Pembahasan: Terdapat pengaruh mutu pelayanan dokter terhadap
loyalitas pasien. Dimensi yang berpengaruh terhadap loyalitas meliputi
keterampilan teknis, hubungan interpersonal, ketersediaan informasi dan
keterlibatan pasien. Secara bersama-sama seluruh mutu pelayanan dokter yaitu
leterampilan teknis, hubungan interpersonal, ketersediaan informasi dam
keterlibatan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien.
Kesimpulan: Keterampilan teknis, hubungan interpersonal, ketersediaan
informasi dan keterlibatan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien di
Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan di RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MUTU PELAYANAN DOKTER, PASIEN, POLIKLINIK UMUM
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:47
Last Modified: 07 Jan 2022 02:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item
View Item