ANALISIS KINERJA SIMPANG 3 TAK BERSINYAL TERHADAP PENGARUH PENGADAAN SHELTER TRANS JOGJA (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN RAJAWALI (SELATAN), SIMPANG JALAN TEGAL REJO (UTARA) DAN SIMPANG GERBANG UTAMA K

REZA RAFEDIANSYAH (2016) ANALISIS KINERJA SIMPANG 3 TAK BERSINYAL TERHADAP PENGARUH PENGADAAN SHELTER TRANS JOGJA (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN RAJAWALI (SELATAN), SIMPANG JALAN TEGAL REJO (UTARA) DAN SIMPANG GERBANG UTAMA K. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perencanaan trayek serta shelter baru Trans Jogja di kawasan sekitar kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dirasa sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan angkutan umum oleh civitas academica dan bahkan warga masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pengkajian lebih lanjut terhadap kinerja simpang yang terdapat di kawasan sekitarnya pun perlu dilakukan untuk mengetahui kinerja operasi dari simpang tersebut sebelum dan setelah adanya shelter Trans Jogja. Simpang yang masuk dalam wilayah kajian yaitu Simpang Jalan Rajawali (Selatan), Simpang Jalan Tegal Rejo (Utara), dan Simpang Gerbang Utama Kampus (Timur), ketiga simpang tersebut terhubung langsung dengan akses jalur lambat Ring Road Barat Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja simpang kajian berdasarkan metode MKJI (1997) pada kondisi eksisting dan setelah adanya shelter Trans Jogja yang meliputi: kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian dan tingkat pelayanan simpang. Penelitian ini menggunakan 2 cara dalam analisisnya yaitu dengan cara manual (Microsoft Excel) dan menggunakan software KAJI.
Hasil analisis Kinerja Simpang pada kondisi eksisting berdasarkan hasil perhitungan manual dan menggunakan software KAJI, nilai kapasitas simpang terbesar yaitu untuk simpang Rajawali sebesar 3795 smp/jam, simpang jalan Tegal Rejo sebesar 4910 smp/jam, dan simpang Gerbang Kampus UMY sebesar 4684 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu untuk simpang Jalan Rajawali sebesar 0,634, simpang Jalan Tegal Rejo sebesar 0,364, dan simpang Gerbang Kampus UMY sebesar 0,325. Tundaan simpang tertinggi untuk simpang Jalan Rajawali 10,47 detik/smp, simpang Jalan Tegal Rejo 7,366 detik/smp, dan simpang Gerbang Kampus UMY 7,313 detik/smp. Peluang antrian tertinggi berdasarkan hasil perhitungan manual dan menggunakan software KAJI yaitu untuk simpang Jalan Rajawali 17 % -35 %, simpang Jalan Tegal Rejo 7 % -17 %, dan simpang Gerbang Kampus UMY 5 % - 15 %. Berdasarkan hasil tundaan simpang yang berkisar antara 5-15 detik/smp, ketiga simpang kajian termasuk kategori tingkat pelayanan ‘B’.
Hasil analisis Kinerja Simpang pada kondisi setelah adanya shelter Trans Jogja, nilai kapasitas simpang untuk simpang Rajawali sebesar 3606 smp/jam, simpang jalan Tegal Rejo sebesar 4935 smp/jam, dan simpang Gerbang Kampus UMY sebesar 4324 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan tertinggi untuk simpang Jalan Rajawali 0,618, simpang Jalan Tegal Rejo sebesar 0,357, dan simpang Gerbang Kampus UMY sebesar 0,319. Nilai Tundaan simpang tertinggi untuk simpang Jalan Rajawali 10,218 detik/smp, simpang Jalan Tegal Rejo 7,268 detik/smp, dan simpang Gerbang Kampus 7,114 detik/smp. Peluang antrian tertinggi untuk simpang Jalan Rajawali 16 % -33 %, simpang Jalan Tegal Rejo 6% -16 %, dan simpang Gerbang Kampus UMY 5 % -15 %.
Kata kunci : Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Peluang Antrian, Tundaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : DERAJAT KEJENUHAN, KAPASITAS, PELUANG ANTRIAN, TUNDAAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 01:41
Last Modified: 07 Jan 2022 01:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item
View Item