PENGUASAAN GURU TPA DALAM MATERI MEMBACA AL-QURAN DI TPA MASJID AL-MA'WA PIYAMAN II PIYAMAN WONOSARI

EVI ARIYANTI (2009) PENGUASAAN GURU TPA DALAM MATERI MEMBACA AL-QURAN DI TPA MASJID AL-MA'WA PIYAMAN II PIYAMAN WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses belajar mengajar membaca Al-Qur'an guru TPA Masjid Al-Ma'wa Plyaman II di Kecamatan Wonosari. (2) Untuk mendiskripsikan penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru TPA Masjid Al-Ma'wa Piyaman II Kecamatan Wonosari (3) Untuk mengetahui bagaimana upaya untuk meningkatkan penguasaan materi membaca Al-Qur'an Guru TPA Masjid Al- Ma'wa Piyaman II di Kecamatan Wonosari

Penelitian ini Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan mengambil judul penguasaan materi membaca Al-Qur'an Guru TPMasjid Al- Ma'wa Piyamán II, Piyamán, Wonosari. Penelitian kualitatif ini menitik beratkan pada pengumpulan data yang yang bersifat kualitatif. Data-data tersebut akan diteliti isinya, kemudian diklasifikasi menurut kriteria tertentu dan dianalisa atau dinilai, Sehingga akan diperoleh gambaran secara sistematis dan akurat mengenai bidang tertentu. Dalam hal ini adalah penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru TPA di Masjid Al-Ma'wa Piyaman II Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan proses belajar mengajar Al-Qur'an di Masjid Al-Ma'wa Piyaman II berjalan dengan baik dan lancar. Guru mampu mengkoordinasikan sejumlah komponen pengajaran ( tujuan, materi, metode / alat dan evaluasi ). Guru melaksanakan tugas belajarnya sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam lembaga tersebut. Yakni guru mengelompokkan santri berdasarkan jilidnya dan menyimak bacaan santri satu per satu secara bergantian. (2) Penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru TPA Masjid Al-Ma'wa Piyaman II berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan masih perlu diadakan pembinaan agar guru TPA mendapatkan ilmu pengetahuan khususnya ilmu baca Al-Qur'an. Sebagian besar penguasaan materi guru TPA tentang hafalan surat-surat pendek, huruf hijaiyah dan mahrajnya, hukum bacaan nun mati dan tanwin, hukum bacaan mim mati, qolqolqh, macam waqof dan macam mad belum paham akan aturan yang sebenarnya. Hal tersebut disebabkan karena basic guru TPA Masjid Al-Ma'wa Piyaman II bukan berasal dari sekolah Islam. Guru TPA telah mampu menghafal surat-surat pilihan namun sekedar hafal, bacaannya tidak sesuai dengan hukum bacaan yang ada. Sebagian guru TPA belum dapat mengaplikasikan materi tersebut dalam membaca Al-qur'an dengan benar. Guru tidak memahami bacaan tajwid santri sehingga mempengaruhi kualitas bacaan Al- Qur'an santri. (3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru TPA Di Masjid Al- Ma'wa Piyaman II meliputi: (a) Pelatihan ustadz/ah secara berkala (b) Memberi motivasi kepada guru untuk belejar Al- Qur'an dan memperlancar bacaan guru. (c) Membiasakan Tadarus Al Qur'an khusu bagi Guru TPA (d) Mengirim Guru untuk ikut pelatihan di AMM Yogyakarta (e) Membuat target kualitas bacaan Al-Qur'an guru agar sesuai dengan ilmu tajwid seperti

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GURU TPA, MEMBACA AL-QURAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2023 04:21
Last Modified: 01 Jul 2023 04:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26079

Actions (login required)

View Item
View Item