PUTRI MEIDIANA AYU (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) TERHADAP SKOR KENAKALAN REMAJA STUDI DI SMAN 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (109kB)
Halaman Judul.pdf
Download (439kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (208kB)
Abstract.pdf
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (277kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (15kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (143kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (130kB)
Abstract
Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa yang menyebabkan masa remaja rentan mengalami sikap dan perilaku yang dikenal sebagai kenakalan remaja seperti tawuran, merokok, pergaulan bebas dan penyalahgunaan obat-obat terlarang. Dampak dari kenakalan remaja akan membentuk remaja menjadi generasi penerus bangsa yang tidak berkualitas. Hal tersebut dapat dicegah atau diperbaiki dengan meningkatkan kemampuan psikososial remaja melalui pelatihan kecakapan hidup (life skills).
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui efektivitas pelatihan kecakapan hidup (life skills) terhadap skor kenakalan remaja.
Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan rancangan non equivalent control group design.. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 76 orang yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah modul pelatihan kecakapan hidup (life skills) dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Bina Kesehatan Jiwa dan kuisioner kenakalan remaja. Analisis data yang digunakan adalah uji analitik paired T-test.
Hasil penelitian: Hasil analisis uji statistik pada kelompok kontrol menunjukan nilai P=0,036 (P0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang bermakna pada perubahan skor kelompok intervensi.
Kesimpulan: Pelatihan kecakapan hidup (life skills) tidak efektif dalam menurunkan skor kenakalan remaja.
Kata kunci: Remaja, kenakalan remaja, kecakapan hidup (life skills).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REMAJA, KENAKALAN REMAJA, KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS). |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:13 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26575 |