EFEKTIVITAS PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) TERHADAP SKOR DEPRESI PADA REMAJA STUDI DI SMAN 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

NUR ATIKA NOVIANTI (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) TERHADAP SKOR DEPRESI PADA REMAJA STUDI DI SMAN 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Remaja merupakan fase yang diawali dengan kematangan seksual. Pada masa ini remaja rentan mengalami permasalahan meliputi berbagai tekanan eksternal maupun internal. Gangguan perasaan (mood) berupa depresi merupakan dampak yang dapat terjadi. Terdapat berbagai cara untuk menangani masalah ini, salah satunya dengan pelatihan kecakapan hidup untuk meningkatkan kompetensi psikososial seseorang dan diharapkan dapat mengurangi skor depresi.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui efektivitas pelatihan kecakapan hidup terhadap skor depresi pada remaja.
Metode penelitian: Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan non equivalent control group design. Sampel sebanyak 76 orang siswa SMAN 1 Tuntang yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Pelatihan kecakapan hidup diberikan pada kelompok intervensi selama dua minggu dengan menggunakan materi berdasarkan modul yang disusun oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Bina Kesehatan Jiwa. Skor depresi dinilai menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory (BDI).
Hasil penelitian: Uji T berpasangan menunjukkan nilai probabilitas (sig) p=0,015 (

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: REMAJA, DEPRESI, KECAKAPAN HIDUP
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 17 Jan 2022 04:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26578

Actions (login required)

View Item
View Item