PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP BOOK TAX DIFFERENCES (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTANIAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2014)

FEBRI DWI RAMADHANI (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP BOOK TAX DIFFERENCES (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTANIAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2014). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

vii
INTISARI
Skripsi ini membahas pengaruh antara karakteristik perusahaan (Profitabilitas, ukuran perusahaan, kualitas laba, likuiditas, leverage) dan kepemilikan institusional terhadap Book Tax Differences. Penelitian ini memprediksi bahwa perusahaan yang besar, memiliki profitabilitas yang tinggi, kualitas laba yang rendah, tingkat leverage yang tinggi, likuiditas rendah dan kepemilikan institusional yang rendah akan memiliki Book Tax Differences besar baik secara Permanent Book Tax Differences dan Temporary Book Tax Differences. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertanian yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2011. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Data penelitian dianalisa dengan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap Book Tax Differences baik secara Permanent Book Tax Differences dan Temporary Book Tax Differences. Namun, penelitian ini tidak menemukan pengaruh kualitas laba, leverage, likuiditas, dan kepemilikan institusional terhadap variabilitas Book Tax Differences baik secara Permanent Book Tax Differences dan Temporary Book Tax Differences. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur dengan memberikan bukti empiris tentang pengaruh karakteristirk perusahaan dan kepemilikan institusional terhadap variabilitas Book Tax Differences baik secara Permanent Book Tax Differences dan Temporary Book Tax Differences. Temuan penelitian ini dapat menjadi panduan bagi otoritas pajak dalam melakukan pemeriksaan pajak dengan memberikan bukti empiris tentang karakteristik perusahaan dan kepemilikan institusional yang cendrung memiliki Book Tax Differences besar.
Kata Kunci : karakteristik perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan, kualitas laba, leverage, likuiditas, kepemilikan institusional, Book Tax Difference, Permanent Book Tax Differences, Temporary Book Tax Differences

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ARAKTERISTIK PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KUALITAS LABA, LEVERAGE, LIKUIDITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, BOOK TAX DIFFERENCE, PERMANENT BOOK TAX DIFFERENCES, TEMPORARY BOOK TAX DIFFERENCES
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:09
Last Modified: 17 Jan 2022 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item
View Item