FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA KEDOKTERAN TERHADAP TUTORIAL

RATNA TRI ASTUTI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA KEDOKTERAN TERHADAP TUTORIAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Latar belakang : Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran yang bertujuan menyiapkan mahasiswa sebagai Life-long learner. Salah satu komponen dalam Problem Based Learning adalah tutorial yang merupakan diskusi dalam kelompok kecil. Tutorial dalam PBL menggunakan metode seven jumps. Penilaian terhadap kualitas dan mutu pelayanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan mempunyai arti penting bagi kelangsungan system pendidikan yang menjadi salah satu bentuk pelayanan dalam bidang kesehatan. Hal ini dapat mengarahkan system pendidikan menjadi lebih baik dari sebelumnya dalam memberikan kepuasan mahasiswa terhada tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dominan menentukan tingkat kepuasan tutorial di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan rancangan analitic design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter yang telah menjalani tutorial metode. Seluruh sampel berjumlah 90 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling.
Hasil : Pada perhitungan statistic uji analisa data menggunakan uji regresi antara variabel bebas seperti tutor, peran mahasiswa, sarana dan prasarana, skenario dan lingkungan sosial
dan variabel terikat berupa kepuasan tutorial, didapatkan hasil bahwa variabel lingkungan sosial menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan tutorial. Hal tersebut dibuktikan dengan didapatkanhasilnilai p = 0,039 (p < 0,05).
Kesimpulan : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan terhadap tutorial, faktor lingkungan sosial memberikan kepuasan yang signifikan terhadap faktor yang lain.
Kata Kunci : PBL, Tutorial, Tutor,Peran Mahasiswa, Sarana Prasarana, Skenario, Lingkungan Sosial, Kepuasan
xi
ABSTRACT
Background : Problem Based Learning (PBL ) is a learning method which aim is to prepare students as long-life learner. One of components in PBL is tutorial, a discussion within small group. Tutorial in PBL uses the seven jumps method. An assesment to quality of education system service towards the level of satisfaction has important meaning for the continuity of education system, that being one form of service in the field of health. It can direct the education system to be better than ever by providing student satisfaction towards the tutorial. This study aims to discover what factors are dominant to determine the level of satisfaction towards tutorial in the Faculty of Medicine and Health Sciences in Muhammadiyah University of Yogyakarta.
Method : This research was a cross-sectional study with analytic design. The population in this study were students from Medical Education Program that had undergone tutorial methods. The entire amount of sample were 90 students. The sampling method used in this study was simple random sampling.
Result : The data statistic calculation used regression test between independent variables such as tutor, role of students, facilities and infastructure, scenario, social environment, and the dependent variables which was the satisfaction towards tutorial showed that the social environment variable showed significant effect on the level of satisfaction towards tutorial. It was proved by the p value which was p = 0,039 (p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PBL, TUTORIAL, TUTOR, ROLE OF STUDENTS, FACILITIES AND INFRASTRUCTURE, SCENARIO, SOCIAL ENVIRONMENT, SATISFACTION
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2023 06:38
Last Modified: 15 Jul 2023 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26722

Actions (login required)

View Item
View Item