ANALISIS SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG RING ROAD UPN SLEMAN YOGYAKARTA

ISMIANI NURMILASARI (2016) ANALISIS SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG RING ROAD UPN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (583kB)

Abstract

Permasalahan transportasi berupa tingginya arus lalu lintas merupakan permasalahan yang sering terjadi di beberapa kota di Indonesia termasuk di Yogyakarta. Tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan yang tinggi dan perubahan tata guna lahan, secara tidak langsung juga memberikan dampak negatif terhadap sistem transportasi dikarenakan ketidakseimbangan antara kapasitas jalan yang ada dengan volume lalu lintas. Hal ini menimbulkan konflik lalu lintas terutama pada simpang. Simpang yang dianalisis pada penelitian ini adalah simpang bersinyal Ringroad Utara UPN Sleman Yogyakarta yang memiliki arus lalu lintas tinggi dikarenakan termasuk jalan nasional yang menghubungkan jalan antar kota/ kabupaten sehingga perlu adanya evaluasi terhadap kinerja simpang dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil analisis dan evaluasi menunjukkan nilai arus lalu lintas jam puncak pada 16.00 – 17.00 diperoleh lengan Utara sebesar 350 smp/jam, lengan Selatan sebesar 980 smp/jam, lengan Timur sebesar1244 smp/jam dan lengan Barat sebesar 1942 smp/jam dengan nilai derajat kejenuhan pada lengan Utara sebesar 1,34, lengan Selatan 1,27, lengan Timur 0,83, dan lengan Barat 0,98 dan tundaan rata - rata sebesar 222 det/smp. Hal ini menunjukkan nilai derajat kejenuhan yang melebihi standart yang telah ditetapkan oleh Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) yaitu DS ≤ 0,85 dan termasuk kategori F karena tundaan > 60 det/smp. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan terhadap kinerja simpang dengan perancangan ulang waktu siklus, perancangan ulang pelebaran dan perancangan ulang jalan satu arah. Berdasarkan analisis perancangan ulang yang telah dilakukan, solusi yang paling baik diterapkan pada simpang Ringroad Utara UPN Sleman Yogyakarta yaitu dengan perancangan ulang jalan satu arah dikarenakan menghasilkan nilai ds yang lebih rendah dari perancangan yang lain. Nilai ds yang awalnya tertinggi 1,34 dengan tundaan 222 det/smp setelah dilakukan perancangan ulang jalan satu arah pada VJP nilai ds turun menjadi 0,85 dengan tundaan 28 dan perancangan ulang jalan satu arah pada LHR nilai ds turun menjadi 0,75 dengan tundaan 20 det/smp.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : DERAJAT KEJENUHAN, PANJANG ANTRIAN, SIMPANG BERSINYAL, TUNDAAN, YOGYAKARTA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:01
Last Modified: 18 Jan 2022 07:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26729

Actions (login required)

View Item
View Item