ANALISIS KINERJA PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA

DAVID RUSADI (2016) ANALISIS KINERJA PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim, peranan pelayaran adalah sangat penting bagi kehidupan sosial, ekonomi, pemerintahan , pertahanan/keamanan, dan sebagainya. Bidang kegiatan pelayaran sangat luas yang meliputi angkutan penumpang dan barang, penjagaan pantai, hidrografi, dan masih banyak lagi jenis pelayaran lainnya. Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebagai pelauhan International Hub-Port yang merupukan ujung tombak dalam rantai logistik tentunya perlu analisis dan evaluasi kinerja pelabuhan seiring dengan peningkatan arus barang.
Studi dilakukan dengan menganalisis service time, berth occupancy ratio, berth throughput, dan kapasitas dermaga berdasar data arus kunjungan kapal dan muatan. Indikator kinerja pelabuhan digunakan untuk mengukur sejauh mana fasilitas dermaga dan sarana penunjang dimanfaatkan secara intensif. Analisis penelitian ini tidak memprediksi peningktan arus kapal,dan hanya melalkukan perhitungan berdasarkan data dari tahun 2009-2015.
Kinerja operasi pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada terminal yang dioperasikan PT Pelindo (III) cabang Tanjung Perak Surabaya tahun 2009-2015 memiliki nilai rata-rata service time 24,32 jam,dengan puncak pelayanan service time paling lama pada tahun 2015 sebesar 25,7 jam. Berth occupancy ratio tahun 2009-2015 memiliki nilai rata-rata sebesar 51,38% dengan puncak pada tahun 2013 sebesar 51,57 %. Nilai berth occupancy ratio masih aman dan dibawah angka yang disarankan UNCTAD sebesar 55% untuk grup tambatan 3 buah. Berth throughput mempunyai nilai rata-rata sebesar 46.534 Ton/Tahun. Kapasitas dermaga pada terminal yang dioperasikan PT Pelindo (III) Cabang Tanjung Perak Surabaya memeiliki nilai rata-rata sebesar 280,6 juta ton/tahun,sementara nilai rata-rata yang dibutuhkan sebesar 72,0 juta ton/tahun

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : KAPASITAS PELABUHAN, SERVICE TIME, BERTH OCCUPANCY RATIO, BERTH THROUGHPUT, DAN KAPASITAS DERMAGA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:35
Last Modified: 07 Jan 2022 07:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item
View Item