ARTIKULASI POLITIK MASYARAKAT EKS PENGUNGSI MALUKU DI KOTA BAUBAU, PROVINSI SULAWESI TENGGARA, PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014

RISWANDI SURAABE WALLI (2016) ARTIKULASI POLITIK MASYARAKAT EKS PENGUNGSI MALUKU DI KOTA BAUBAU, PROVINSI SULAWESI TENGGARA, PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Kajian tentang Artikulasi politik masyarakat eks pengungsi Maluku di Kota Baubau
pada Pemilihan legislative tahun 2014 merupakan satu dari sekian kasus penerapan politik etnis di Indonesia. Dimana, eks pengungsi Maluku menginginkan salah satu wakilnya untuk menduduki kursi legislatif di daerah yang telah mereka tempati selama 15 (lima belas) tahun, hal ini dikarenakan selama kurun waktu tersebut tidak ada satu orangpun perwakilan dari mereka yang menduduki kursi legislatif. Wacana tersebut kemudian dimainkan oleh para elit politik etnis Maluku untuk mengusung ataupun secara kesadaran sendiri untuk maju dan ikut mengambil andil dalam pemilihan legislatif tahun 2014, dengan berlandas pada nasib eks pengungsi Maluku kedepan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti
ingin mendeskripsikan fenomena atau keadaan yang berkaitan dengan artikulasi politik etnis eks pengungsi, dan pengaruh tokoh masyarakat terhadap pilihan politik eks pengungsi dalam pemilihan legislatif Kota Baubau tahun 2014. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, sehingga dapat diperoleh data primer maupun data sekunder. Data primer yang diperoleh berupa hasil wawancara terkait dengan politik identitas etnis, pengaruh tokoh masyarakat, bentuk artikulasi kepentingan politik, serta keterlibatan eks pengungsi Maluku dalam Pileg tahun 2014. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen, baik berupa laporan, peta, hasil rekapitulasi suara. Data-data tersebut kemudian diseleksi dan dianalisis untuk selanjutnya disusun dalam bentuk laporan penelitian.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Artikulasi politik adalah salah satu
fungsi yang dijalankan dalam proses pembuatan kebijakan publik, yang didalamnya terdapat kegiatan penggabungan berbagai kepentingan dan tuntutan dalam masyarakat yang akan diimplemetasikan. Politik etnis merupakan politik identitas yang dimunculkan sebagai upaya perebutan kekuasaan, yang cenderung mengukuhkan dan memperkuat identitas etnis, Keterlibatan masyarakat eks pengungsian dalam pemilihan legislatif Kota Baubau tahun 2014, merupakan wujud dari artikulasi kepentingan eks pengungsian Maluku, untuk mengefektifkan tuntutan kelompoknya untuk ikut terlibat secara langsung dalam mempengaruhi kebijakan, dan merumuskan kebijakan, dalam politik etnis, tokoh masyarakat masih mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dan sangat menentukan dalam mempengaruhi perolehan suara. Politik etnis tidak selamanya menjadi politik intoleran, rawan konflik, dan sebagainnya, politik etnis justru menjadi warna dan ciri khas tersendiri dalam masyarakat multikultural
Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah diperlukan suatu pemahaman
yang secara khusus bahwa dalam artikulasi kepentingan, politik etnis tidak sekedar memperjuangkan kepentingan kelompok etnis tertentu, namun secara umum masyarakat dalam hal ini merupakan seluruh etnis yang ada dalam daerah pemilihan tersebut. Praktek politik etnis yang terjadi di Kota Baubau, khususnya di Kecamatan Wolio, sangat penting untuk dilakukan ekspansi pada daerah multietnis yang rawan konflik, dengan harapan agar konflik politik yang berdasarkan pada etnis dapat dikurangi dan dihilangkan.
Kata Kunci: Artikulasi Politik, Politik Etnis Eks Pengungsi Dalam Pemilihan Legislatif Tahun 2014, Serta Pengaruh Tokoh-Tokoh Masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ARTIKULASI POLITIK, POLITIK ETNIS EKS PENGUNGSI DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2014, SERTA PENGARUH TOKOH-TOKOH MASYARAKAT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:20
Last Modified: 13 Jan 2022 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item
View Item