EVALUASI PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE PADA MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN PAYUNG KABUPATEN BANGKA SELATAN TAHUN 2014

EKI PRANDIKA SAPUTRA (2016) EVALUASI PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE PADA MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN PAYUNG KABUPATEN BANGKA SELATAN TAHUN 2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (111kB)

Abstract

Pelaksanaan good governance pada musyawarah perencanaan
pembangunan di Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2014 masih belum terwujud dengan baik masih banyak prinsip-prinsip good governance yang belum bias dilaksanakan dengan baik. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui mengetahui pelaksanaan good governance pada musyawarah perencanaan pembangunan di Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2014. Penelitian ini akan menanalisa bagaimana pelaksanaan murenbang Kecamatan Payung dengan menggunakan prinsip-prinsip good governance.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Sebagai informan dalam penelitian ini, yaitu Camat Payung dan staff yang mengurus pelaksanaan murenbang Kecamatan Payung.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi pelaksaan good governance pada musyarah perencanaan pembangunan di Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2014 masih belum dapat dilaksanakan dengan baik oleh tim penyelenggara murenbang kecamatan maupun partisipasi dari masyarakat. Masih banyak prinsip-prinsip good governance yang belum bias dilaksanakan oleh tim penyelenggara musrenbang Kecamatan Payung. Tokoh masyarakat atau kelompok masyarakat masih banyak yang belum diikut sertakan dalam pelaksanaan murenbang Kecamatan Payung, tidak hanya itu keadilan bagi semua masyarakat pun belum merata pada pelaksanaanya masih diprioritaskan kaum laki-laki sedangkan kaum perempuan masih minim untuk diikutsertakan. Petanggungjawaban tim penyelenggara dari hasil musrenbang belum dapat dipertanggungjawabkan, dan daya tanggap tim penyelenggara musrenbang Kecamatan Payung masih juga belum bisa merespon apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tim penyelengara telah melaksanakan secara tepat tanggap transparan akan tetapi masyarakat masih belum merasa puas akan kinerja atau pelayanan yang diberikan oleh tim penyelenggara musrenbang kepada masyarakat. Namun tim penyelenggara musrenbang Kecamatan Payung mempunyai visi dan misi yang sangat baik untuk perkambangan dan kemajuan daerah serta meningkatkan perekonomian masyarakat.
Rekomendasi yang diajukan dari peneliti guna Tim penyelenggara musrenbang Kecamatan Payung diharapkan dapat mengetahui dengan baik terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat luas. Untuk terwujudnya pelaksanan good governance. Tim penyelengara diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada peserta musrebang dari kelurahan/desa agar lebih efektif dan efisien. Dalam pelaksanaanya tim penyelengara musrenbang Kecamatan Payung diharapakan untuk lebih melibatkan masyarakat, kelompokkelompok

masyarkat, pemuda-pemudi dan perempuan dalam pembangunan daerah.
Kata kunci : musrenbang, good governance, perencanaan pembangunan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MUSRENBANG, GOOD GOVERNANCE, PERENCANAAN PEMBANGUNAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:20
Last Modified: 13 Jan 2022 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27178

Actions (login required)

View Item
View Item