KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR (DESA SABDODADI, KECAMATAN BANTUL 2012-2016)

DEWI AGUSTIANI (2016) KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR (DESA SABDODADI, KECAMATAN BANTUL 2012-2016). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan dalam meningkatkan partisipasi
masyarakat dalam pembangunan infrastruktur harus mampu mempengaruhi orang lain untuk menggerakan dan mencapai tujuan yang telah direncanakan. Desa Sabdodadi sebagai salah satu Desa yang ada di Kecamatan Bantul dan dipimpin oleh Kepala Desa Perempuan. Salah satu pembangunan yang paling diutamakan di Desa Sabdodadi adalah pembangunan infrastruktur karna pembangunan infrastruktur merupakan pembangunan untuk kepentingan bersama. Maka dari itu partisipasi masyarakat merupakan modal dalam mencapai program pembangunan, atas dasar inilah kesadaran masyarakat di Desa Sabdodadi perlu terus ditingkatkan lagi sehingga nantinya partisipasinya akan dirasakan dan lahir secara spontan. Hal ini akan tercapai apabila Desa dapat memainkan perannya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya di Desa Sabdodadi.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran secara jelas suatu fenomena atau kenyataan sosial yang berkenan dengan masalah yang diteliti. Jenis data yang digunakan yaitu Pertama Data Primer data yang diperoleh langsung dari melalui wawancara dan observasi, Kedua Data Sekunder data yang di ambil dari dokumen dan laporan-laporan yang berkaitan dengan penelitian. teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknin analisis data yang digunakan adalah analisis kulitatif, dimana data yang di peroleh diklasifikasikan, digambarkan dengan kata-kata atau kalimat menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil penelitian tentang kepemimpinan Kepala Desa perempuan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur selama menjabat di kelurahan dari tahun 2012-2016 sudah baik, terlihat dari Kepala Desa yang mampu mengambil keputusan dan bertanggung jawab dalam pembangunan yang ada didesa dan selalu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk ikut perpatisipasi dalam Pembangunan Infrastruktur. Dalam Pembangunan Infrastruktur Kepala Desa selalu melibatkan masyarakat desa untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Partisipasi masyarakat dalam sebuah pembangunan di desa merupakan salah satu yang sangat penting, karena masyarakat pempunyai peran penting dalam keberhasilan sebuah Pembangunan Infrastruktur di Desa. Selama Kepala Desa Sabdodadi memimpian ia menerapkan gaya kepemimpinan Feminim dan Transformasinal kepada pegawai dan masyarakat desa.
Kepemimpinan Kepala Desa perempuan di Desa Sabdodadi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur sudah berjalan dengan baik dikarenakan Kepala Desa perempuan sudah berperan aktif dalam kegiatan pembangunan infrastruktur, berperan sebagai motivator dan memotivasi. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur dapat dilihat dengan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, masyarakat ikut berpatisipasi aktif dalam proses pembangunan merupakan kunci dari keberhasilan pembangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN, PEREMPUAN, PARTISIPASI MASYARAKAT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:54
Last Modified: 13 Jan 2022 02:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27233

Actions (login required)

View Item
View Item