IMPLEMENTASI UU NO. 13 TAHUN 1998 TENTANG KESEJAHTERAAN LANJUT USIA DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014-2015 (STUDI PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA I YOGYAKARTA)

LUPYTA ISTIQOMAH (2016) IMPLEMENTASI UU NO. 13 TAHUN 1998 TENTANG KESEJAHTERAAN LANJUT USIA DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014-2015 (STUDI PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA I YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil judul “Implementasi UU No.13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut usia di Kota Yogyakarta Tahun 2014-2015”. Latar belakang masalah kebijakan ini adalah untuk membantu lanjut usia yang karena faktor usianya maka akan mengalami banyak keterbatasan, sehingga memerlukan bantuan dalam meningkatkan kesejahteraan. Lanjut usia adalah bagian dari warga Negara sehingga memiliki hak untuk dilindungi sebagai bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan. Selain itu, mencegah semakin berkembangnya permasalahan sosial yang terjadi pada lanjut usia seperti lanjut usia terlantar yang berada di tengah-tengah masyarakat. Dari latar belakang masalah kebijakan ini maka diperlukan payung hukum untuk lanjut usia dalam memeperoleh kehidupan yang sejahtera, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi Undangundang

Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia di Kota Yogyakarta Tahun 2014-2015 dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia di Kota Yogyakarta Tahun 2014-2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah motode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang diamati. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi yang menghasilkan data primer maupun data sekunder.
Setelah peneliti melakukan penelitian, bahwa implementasi Undangundang

Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia di Kota Yogyakarta Tahun 2014-2015 belum dilakukan dengan optimal. Adanya program perlindungan dalam panti dan perlindungan luar panti yaitu Asistensi Sosial Lanjut Usia sebagai bentuk perlindungan sosial sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan belum terlaksana dengan optimal. Pelayanan kesejahteraan yang diberikan di dalam panti masih memiliki keterbatasan dalam sarana dan prasarana serta sumber daya manusia. Selain itu, bertambahnya jumlah penerima ASLUT dari tahun 2014 sampai tahun 2015 menunjukkan bahwa jumlah lansia terlantar di luar panti juga meningkat.
Faktor-faktor yang sangat mendasar dalam pengaruh implementasi Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia adalah faktor komunikasi yaitu sosialisasi. Sosialisasi adanya kebijakan ini belum dilakukan dengan optimal oleh pihak penyelenggara kepada masyarakat luas yang berada di wilayah Kota Yogyakarta. Sehingga dapat mengurangi kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lanjut usia terlantar yang hidup ditengahtengah

mereka. Mengurangi kesadaran bahwa lanjut usia merupakan warga Negara yang memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan sosial yang bertujuan untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI, LANJUT USIA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:25
Last Modified: 13 Jan 2022 02:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27293

Actions (login required)

View Item
View Item