BODY MUTOHAROH (2016) PENDIDIKAN ISLAM PROFETIK (ANALISIS PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (196kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (459kB)
Abstract.pdf
Download (113kB)
Bab I.pdf
Download (384kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (697kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (294kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tekait Pendidikan Islam profetik, dan mengaitkan pemikiran Kuntowijoyo terkait dengan pendidikan Islam profetik dan pengaruh pemikiran pemikiran beliau terhadap pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah library research atau studi kepustakaan, Pendekatan yang penulis gunakan dalam skripsi ini ialah pendekatan kualitatif . pendekatan kualitatif dalam suatu penelitian ialah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran, orang secara individual maupun kelompok,bertujauan untuk menggali pikiran Kuntowijoyo, dimulai dari mengenal biografi Kuntowijoyo, gagasan pemikiranbeliau terkait Ilmu Sosial Profit, dan mengembangannya terhadap konsep Pendidikan Profetik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Konsep Pendidikan profetik menurut Kuntowijoyo terdiri dari tiga pilar yaitu: humanisasi, liberasi dan transendensi yang diilhami dari Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 110 yang artinya"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik” . Pemikiran ini didasari dari pemikran beliau terkait Ilmu Sosial Profetik. Dijabarkan menjadi konsep Pendidikan Profetik yang terdiri dari tiga pilar. Tiga pilar yang dimaksud ialah amal maruf atau humanisasi, nahi mungkar atau liberasi, dan keimanan kepada Allah (transendensi). Sedangkan makna dari pendidikan islam profetik itu sendiri ialah pendidikan yang mencontoh Nabi, bagaimana nabi bersikap, berperiku diterapkan sesuai dengan ajaran nabi yang termaktub dalam al- qur’an dan sunnah.Berdasarkan tiga pilar yang telah dirumuskan oleh Kuntowijoyo dapat menyelesaikan permasalahan pendidikan yang sedang terjadi. Konsep pendidikan profetik dalam pemikiran Kuntowijoyo dapat diterapakan di lingkungan pendidikan di Indonesia .
Key Word: Pendidikan Islam, Profetik, humanisasi, liberasi, transendensi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN ISLAM, PROFETIK, HUMANISASI, LIBERASI, TRANSENDENSI. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:19 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27314 |