PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SISWA MTS JAM’UL MU’AWANAH YAPPI NGEMBES GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

VIRA FAJRI (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SISWA MTS JAM’UL MU’AWANAH YAPPI NGEMBES GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan yang dilakukan guru pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meelakukan pembinaan akhlak siswa. hasil penelitian ini
diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pembinaan akhlak siswa..
Skripsi ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian pada suatu konteks khusus. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode anlisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah
utama dalam penelitian, yaitu: reduksi data, sajian data (display data), dan verifikasi (menyimpulkan data).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan guru PAI di MTs Jam’ul Mu’awanah yaitu sebagai pembimbing, penasehat dan model. Bentuk bimbingan
secara langsung guru PAI di MTs Jam’ul Mu’awanah yaitu: guru membimbing jalannya doa pada awal dan akhir pelajaran, membimbing kegiatan ekstra keagamaan
seperti kuliah ahad pagi, istighotsah dan salat dhuhur berjamaah. Peran guru PAI sebagai penasehat di MTs Jam’ul Mu’awanah yaitu dengan memberikan nasehat dan
solusi baik pada siswa secara umum maupun siswa yang mempunyai masalah. Guru PAI juga memberikan mauidhoh atau pesan moral yang baik. Peranan guru PAI
sebagai figur telihat dalam kedisiplinan, berpakaian dan bergaul. Guru juga mengucapkan salam dan menyapa setiap kali bertemu dengan guru yang lain dan berbicara sopan dengan muridnya, baik di dalam maupun di luar kelas. Skripsi ini
juga membahas faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru Pendidikan Agama Islam, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.
Kata Kunci: Peranan guru, pembinaan akhlak

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERANAN GURU, PEMBINAAN AKHLAK
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:09
Last Modified: 17 Jan 2022 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27319

Actions (login required)

View Item
View Item