ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN LABA UMKM (STUDI EMPIRIS UMKM NASABAH PEMBIAYAAN PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BANGUNDRAJAT WARGA YOGYAKARTA)

MERI KUSMAWATI (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN LABA UMKM (STUDI EMPIRIS UMKM NASABAH PEMBIAYAAN PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BANGUNDRAJAT WARGA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-falctor yang mempengaruhi pertumbuhan laba UMKM nasabah pembiayaan PT. BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta dengan 3 (tiga) prediktornya, yaitu tingkat pendidikan pengusaha UMKM, besarnya unit usaha, dan lamanya usaha. Selain itu, penelitan ini juga bertujuan untuk menganalisis permasalahan-permasalan apa saja yang sebenamya dihadapi oleh UMKM tersebut, khususnya unit usaha yang tidak mengalami pertumbuhan laba. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel nasabah pembiayaan yang memanfaatkan produk-produk pcmbiayaan perbankan syariah dengan tujuan untuk pengembangan usaha/ bisnis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioncr kepada para responden disertai dengan metode wawancara. Hasil analisis regresi logistik menyatakan bahwa tidak ada satupun variabel independen, baik itu pendidikan terakhir pengusaha, umur/ usia perusahaan, ataupun omzet unit usaha yang signifikan terhadap variabel dependennya, yakni pertumbuhan laba usahanya; sehingga ketiga hipotesis dalam penelitian ini tidak terbukti dapat mempengaruhi pertumbuhan laba UMKM. Sedangkan pertnasalahan-permasalahan yang dihadapai oleh unit usaha yang tidak mengalami pertumbuhan laba diantaranya adalah permasalahan di bidang pemasaran, sumber daya manusia, teknologi, dan manajemen usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:55
Last Modified: 15 Jan 2022 03:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27378

Actions (login required)

View Item
View Item