Muftihatul Khaeriyah (2021) UNSPECIFIED S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (662kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (716kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Bab I.pdf
Download (401kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (421kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (571kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penulisan esai adalah salah satu kata penulisan akademik yang dipelajari pada Mahasiswa Bahasa Inggris jurusan di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Pelajaran ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang menulis esai di kelas menulis termasuk manfaat dan tantangan menulis esai di kelas Membaca Interpretatif dan Menulis Argumentatif yang dipersepsikan oleh siswa. Peneliti menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif untuk mencapai tujuan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2018 di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang pria dan dua orang wanita dari mahasiswa bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Selain itu, peneliti melakukan wawancara untuk mengumpulkan data yang mendalam tentang persepsi siswa tentang penulisan esai di kelas pemerasan berdasarkan pengalaman peserta. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi siswa saat menulis karangan di kelas menulis. Diantaranya kesulitan mencari sumber yang tepat terkait topiknya, kesulitan penggunaan bahasa, kesulitan penataan, dan kesulitan bekerja dalam waktu cepat. Peneliti juga menunjukkan bahwa siswa memiliki beberapa strategi selama menulis esai di kelas menulis. Penulisan esai memberikan strategi dalam mengatasi masalah penulisan esai seperti banyak membaca bacaan yang dapat menjadi strategi untuk mengatasi tantangan yang mendalam terhadap kurangnya penguasaan tata bahasa, struktur dan ide serta pencarian referensi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 08:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 08:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2757 |