DWI WAHYUNI (2016) KUALITAS HIDUP PASIEN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) RAWAT JALAN DI ASRI MEDICAL CENTER (AMC) YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (127kB)
Halaman Judul.pdf
Download (432kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (215kB)
Abstract.pdf
Download (161kB)
Bab I.pdf
Download (297kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (146kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (286kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (422kB)
Abstract
Interprofessional Education (IPE) adalah proses pembelajaran kolaborasi dua atau lebih mahasiswa profesi kesehatan yang berbeda dengan tujuan untuk meningkatkan kolaborasi interprofessional sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Proses pembelajaran IPE di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilaksanakan di Asri Medical Center (AMC).Proses pembelajaran ini akan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap pasien terutama pasien rawat jalan dengan beberapa jenis penyakit.Pelayanan kesehatan yang optimal akan memberikan kualitas hidup yang tinggi untuk pasien. Kualitas Hidup adalah kondisi sesorang yang dilihat dari keadaan psikologis,kesejahteraan emosional, kesehatan fisik dan mental, memiliki kemampuan fisik untuk melakukan hal-hal yang ingin dilakukan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hidup pasien IPE rawat jalan Di Asri Medical Center (AMC) Yogyakarta.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sebanyak 10 pasien rawat jalan IPE diberikan kuesioner THE WORLD HEALTH ORGANIZATION QUALITY OF LIFE (WHOQOL) –BREF dengan 26 pertanyaan meliputi 4 dimensi kualitas hidup. Pengukuran skor awal kualitas hidup dari instrumen penelitian WHOQOL –BREF akan ditransform menjadi skala 0-100 dan dikategorikan menjadi skala kategori kualitas hidup sebagai berikut: 0: kematian; 1-55: rendah; 56-79: sedang; 80-99: tinggi dan 100: sempurna.
Hasil penelitian didapatkan kualitas hidup pasien terhadap proses pembelajaran Interprofessional Education (IPE) di AMC adalah tinggi, yaitu dengan rerata 84,97±1,53. Kualitas hidup pasien berdasarkan 4 dimensi, diurutkan dari yang terbesar yaitu hubungan sosial, kesehatan psikologi, lingkungan dan kesehatan fisik. Dapat disimpulkan bahwa kualitas hidup pasien IPE rawat jalan di AMC tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INTERPROFESSIONAL EDUCATION, KUALITAS HIDUP |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 02:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27827 |