HUBUNGAN PERSEPSI LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMY

GITA SUHA YURANDA (2016) HUBUNGAN PERSEPSI LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Latar Belakang: Proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam pencapaian mutu pendidikan yang baik. Proses belajar yang kondusif menyebabkan mahasiswa lebih aktif, termotivasi dan betah untuk belajar. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif melibatkan kegiatan di kelas atau pada saat perkuliahan, pengajaran dan ruang kelas untuk penggunaan waktu yang efektif. Suatu proses pembelajaran yang kondusif dapat di ketahui dari hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar bisa di pengaruhi oleh bagaimana mahasiswa memandang lingkungan sekitarnya, bagaimana mahasiswa menilai persepsi mereka tentang lingkungan yang harmonis, penuh perhatian dan kasih sayang akan membantu mahasiswa belajar dengan baik karena dapat memberikan motivasi, lingkungan juga dapat menciptakan situasi belajar yang baik. Mahasiswa dapat menilai apakah lingkungan belajar mereka positif atau negatif.
Metode: Metode penelitian yang diambil adalah rancangan penelitian cross-sectional study dengan besar sampel sebanyak 87 mahasiswa dengan instrument menggunakan kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM).
Hasil: Hubungan persepsi lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar Keseluruhan dengan angka probabilitas 0,906 yang berarti tidak terdapat hubungan antara persepi lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar pada mahasiswa karena p > 0.05.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara persepsi lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar pada Mahasiwa Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UMY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN,PERSEPSI ,LINGKUNGAN PEMBELAJARAN,HASIL BELAJAR
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:38
Last Modified: 11 Jan 2022 02:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27839

Actions (login required)

View Item
View Item