Claudya Berlina Sari (2021) MOTIF INDIVIDU PENGIKUT AKUN @INDONESIATANPAPACARAN DI INSTAGRAM TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (931kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (792kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Advertising
Claudya Berlina Sari
Motif Individu Pengikut Akun @indonesiatanpapacaran di Instagram Tahun 2020
Tahun Skripsi: 2020 + 129 hal + 18 gambar + 11 tabel
Daftar Pustaka: 26 buku + 15 jurnal + 10 internet
Motif merupakan hal yang mendorong seseorang untuk menjadi menjadi individu pengikut akun @indonesiatanpapacaran di Instagram. Akun @indonesiatanpapacaran adalah akun dakwah online yang terkenal di Instagram karena menyebarkan kampanye anti pacaran dan nikah muda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motif para indivudu pengikut dari akun @indonesiatanpapacaran yang memiliki kurang lebih 1 juta followers, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menjadikan 10 (sepuluh) orang individu yang mengikuti akun tersebut menjadi informan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Menurut hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada tiga motif individu pengikut dalam mengakses akun @indonesiatanpapacaran yang mencakup motif informasi, motif hiburan, dan motif identitas personal. Ketiga motif tersebut memaparkan pendapat dari individu pengikut akun @indonesiatanpapacaran yang menyebutkan bahwa para informan tersebut mendapatkan pendalaman agama serta keinginan untuk hijrah hingga mendapatkan bimbingan untuk menjadi umat yang lebih taat pada Allah, memberikan kesenangan dan hiburan saat bosan dari aktifitas, dan membentuk persepsi pada diri informan.
Kata kunci: Motif, Individu, Pengikut, Instagram, Indonesia Tanpa Pacaran.
Dosen Pembimbing: | DR. SUCIATI, S. SOS., M.SI and UNSPECIFIED | NIDN, NIDN |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 07:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |