Claudya Berlina Sari (2021) MOTIF INDIVIDU PENGIKUT AKUN @INDONESIATANPAPACARAN DI INSTAGRAM TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (931kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab I.pdf
Download (792kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (590kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (686kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (455kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Advertising
Claudya Berlina Sari
Motif Individu Pengikut Akun @indonesiatanpapacaran di Instagram Tahun 2020
Tahun Skripsi: 2020 + 129 hal + 18 gambar + 11 tabel
Daftar Pustaka: 26 buku + 15 jurnal + 10 internet
Motif merupakan hal yang mendorong seseorang untuk menjadi menjadi individu pengikut akun @indonesiatanpapacaran di Instagram. Akun @indonesiatanpapacaran adalah akun dakwah online yang terkenal di Instagram karena menyebarkan kampanye anti pacaran dan nikah muda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motif para indivudu pengikut dari akun @indonesiatanpapacaran yang memiliki kurang lebih 1 juta followers, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menjadikan 10 (sepuluh) orang individu yang mengikuti akun tersebut menjadi informan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Menurut hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada tiga motif individu pengikut dalam mengakses akun @indonesiatanpapacaran yang mencakup motif informasi, motif hiburan, dan motif identitas personal. Ketiga motif tersebut memaparkan pendapat dari individu pengikut akun @indonesiatanpapacaran yang menyebutkan bahwa para informan tersebut mendapatkan pendalaman agama serta keinginan untuk hijrah hingga mendapatkan bimbingan untuk menjadi umat yang lebih taat pada Allah, memberikan kesenangan dan hiburan saat bosan dari aktifitas, dan membentuk persepsi pada diri informan.
Kata kunci: Motif, Individu, Pengikut, Instagram, Indonesia Tanpa Pacaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 07:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2784 |