HUBUNGAN ANTARA NILAI PROGRESS TEST PENDIDIKAN PROFESI DENGAN NILAI INDEKS PRESTASI KUMULATIF LULUSAN DOKTER GIGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ARINA ISMAH AFIATI (2016) HUBUNGAN ANTARA NILAI PROGRESS TEST PENDIDIKAN PROFESI DENGAN NILAI INDEKS PRESTASI KUMULATIF LULUSAN DOKTER GIGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Standar kompetensi merupakan suatu acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran pada pendidikan dokter gigi, salah satu standar kompetensi yaitu pengetahuan yang didalamnya berisi tentang metode pembelajaran. Metode pembelajaran bertujuan untuk mengasah kemampuan clinical reasoning yang diukur menggunakan progress test. Hasil nilai progress test memiliki hubungan dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE).
Tujuan Penelitian : tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nilai progress test pendidikan profesi dengan nilai IPK lulusan dokter gigi PSPDG UMY.
Metode Penelitian : jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan design cross sectional. Sampel penelitian ini adalah data sekunder dari 112 mahasiswa profesi PSPDG UMY yang terdiri dari 3 angkatan yaitu dari angkatan 2006, 2007 dan 2008 serta dipilih menggunakan teknik total sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah nilai progress test dan nilai IPK lulusan. Analisa data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson.
Hasil : terdapat hubungan yang sedang antara nilai progress test pendidikan profesi dengan nilai IPK lulusan dokter gigi PSPDG UMYdengan arah hubungan positif. Rata-rata nilai progress test yaitu 45.42 dan rata-rata nilai IPK yaitu 3.40.
Kesimpulan : terdapat hubungan antara nilai progress test pendidikan profesi dengan nilai IPK lulusan dokter gigi PSPDG UMY, semakin besar nilai progress test pendidikan profesi, maka semakin besar pula nilai IPK lulusan dokter gigi PSPDG UMY.
Kata Kunci : Progress test, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : PROGRESS TEST, INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2022 07:32
Last Modified: 08 Jan 2022 07:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27892

Actions (login required)

View Item
View Item