PENILAIAN TINGKAT KEBERHASILAN PERAWATAN ORTODONTIK MENGGUNAKAN ICON (INDEX OF COMPLEXITY, OUTCOME AND NEED) (STUDI PADA CETAKAN GIGI PASIEN DENGAN PERAWATAN ORTODONTIK LEPASAN DI RSGM UMY PERIODE S

MAHARANI PANGASTUTI (2016) PENILAIAN TINGKAT KEBERHASILAN PERAWATAN ORTODONTIK MENGGUNAKAN ICON (INDEX OF COMPLEXITY, OUTCOME AND NEED) (STUDI PADA CETAKAN GIGI PASIEN DENGAN PERAWATAN ORTODONTIK LEPASAN DI RSGM UMY PERIODE S. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perawatan ortodontik merupakan suatu perawatan untuk mengkoreksi maloklusi. Terdapat beberapa indeks yang digunakan untuk mengetahui apakah suatu perawatan ortodontik berhasil. Salah satunya adalah ICON (Index of Complexity Outcome And Need).
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan perawatan ortodontik dengan alat ortodontik lepasan di RSGM UMY menggunakan ICON.
Metode: Desain penelitian analisis observasional dengan pendekatan retrospektif dari 160 sampel sebelum dan sesudah perawatan ortodontik lepasan di RSGM UMY yang memenuhi kriteria inklusi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data diskriptif dengan uji Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data dan uji Wilcoxon digunakan untuk menguji hubungan data berpasangan pada sebaran data tidak normal.
Hasil: Hasil yang didapatkan dari 80 sampel, tidak ada sampel yang termasuk kategori “terjadi perubahan besar”, 23 sampel (28,75%) termasuk “sangat berubah”, 30 sampel (37,5%) “cukup berubah”, 16 sampel (20%) “sedikit berubah”, dan 11 sampel (13,75%) termasuk kategori “tidak ada perubahan”. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai skor ICON sebelum dan setelah perawatan karena nilai p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: MALOKLUSI, KEBERHASILAN PERAWATAN, ICON, ALAT ORTODONTIK LEPASAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2022 07:26
Last Modified: 08 Jan 2022 07:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27895

Actions (login required)

View Item
View Item