DWI SASMOKO ADJI (2016) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MAHASISWA PSIK UMY SAAT MENGHADAPI UJIAN OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) TERHADAP SKOR OSCE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (44kB)
Halaman Judul.pdf
Download (681kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (86kB)
Abstract.pdf
Download (93kB)
Bab I.pdf
Download (211kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (183kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (511kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari pasti pernah mengalami kecemasan. Kecemasan muncul antara lain ketika menghadapi tes keterampilan (OSCE), sikap penguji, cara yang tidak memadahi dalam bimbingan, situasi ujian, standar kelulusan ujian dan keefektifan keterampilan mahasiswa. Kecemasan dapat mengganggu proses belajar mahasiswa dengan menurunnya kemampuan memusatkan perhatian, menurunnya daya ingat dan berkurangnya kemampuan mahasiswa dalam menghadapi ujian sehingga mempengaruhi prestasi mahasiswa. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kecemasan mahasiswa PSIK UMY saat menghadapi ujian OSCE terhadap skor OSCE. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah kuantitatif non-eksperimental yang bersifat deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Sampel sebanyak 90 responden menggunakan purposive sampling. Penelitian dilaksanakan bulan Oktober-Maret 2016 di PSIK UMY. Analisis hipotesis korelasi menggunakan Uji Spearman Rank dengan nilai p
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: KECEMASAN MAHASISWA, NURSING SKILLS TEST ANXIETY SCALE, OSCE, SKOR OSCE. |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 06:10 |
Last Modified: | 08 Jan 2022 06:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27909 |