RIFA ATRIA MUDA (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KETERAMPILAN FARMASI (SKILLS LAB). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (107kB)
Halaman Judul.pdf
Download (327kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (276kB)
Abstract.pdf
Download (152kB)
Bab I.pdf
Download (188kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (164kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (316kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (335kB)
Abstract
Metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan strategi pembelajaran dengan suatu masalah atau kasus sehingga mahasiswa dapat berpikir secara kritis, mengajukan ide kreatif, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Salah satu komponen pembelajaran PBL yaitu praktikum keterampilan farmasi (skills lab). Skills lab merupakan kegiatan di dalam laboratorium untuk melatih keterampilan farmasi mahasiswa. Keaktivan mahasiswa pada pembelajaran skills lab dapat dilihat dari sejauh mana mahasiswa dapat menguasai materi dan kemampuan komunikasi. Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan dari seseorang yang dibagi kepada oranglain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi mahasiswa farmasi pada pembelajaran praktikum keterampilan farmasi (skills lab).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Komunikasi mahasiswa farmasi dinilai dari hasil penyebaran kuesioner yang memuat lima indikator yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan. Sebelum dilakukan penelitian, kuesioner dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan membagikan kuesioner kepada 30 responden.
Hasil uji validitas dinyatakan semua item pernyataan valid yaitu r hitung bernilai positif dan r hitung > r tabel. Hasil uji reliabilitas dinyatakan reliabel karena alfa cronbach lebih besar dari 0,6 yaitu 0,926. Setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel, kuesioner dibagikan kepada 116 responden yang berbeda yaitu mahasiswa angkatan 2012 dan 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi mahasiswa katagori “baik” sebesar 76% , katagori “cukup baik” sebesar 24%, dan katagori “kurang baik” sebesar 0%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN FARMASI (SKILLS LAB), KOMUNIKASI. |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 06:53 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27999 |