KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KETERAMPILAN FARMASI (SKILLS LAB)

RIFA ATRIA MUDA (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KETERAMPILAN FARMASI (SKILLS LAB). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan strategi pembelajaran dengan suatu masalah atau kasus sehingga mahasiswa dapat berpikir secara kritis, mengajukan ide kreatif, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Salah satu komponen pembelajaran PBL yaitu praktikum keterampilan farmasi (skills lab). Skills lab merupakan kegiatan di dalam laboratorium untuk melatih keterampilan farmasi mahasiswa. Keaktivan mahasiswa pada pembelajaran skills lab dapat dilihat dari sejauh mana mahasiswa dapat menguasai materi dan kemampuan komunikasi. Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan dari seseorang yang dibagi kepada oranglain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi mahasiswa farmasi pada pembelajaran praktikum keterampilan farmasi (skills lab).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Komunikasi mahasiswa farmasi dinilai dari hasil penyebaran kuesioner yang memuat lima indikator yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan. Sebelum dilakukan penelitian, kuesioner dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan membagikan kuesioner kepada 30 responden.
Hasil uji validitas dinyatakan semua item pernyataan valid yaitu r hitung bernilai positif dan r hitung > r tabel. Hasil uji reliabilitas dinyatakan reliabel karena alfa cronbach lebih besar dari 0,6 yaitu 0,926. Setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel, kuesioner dibagikan kepada 116 responden yang berbeda yaitu mahasiswa angkatan 2012 dan 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi mahasiswa katagori “baik” sebesar 76% , katagori “cukup baik” sebesar 24%, dan katagori “kurang baik” sebesar 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN FARMASI (SKILLS LAB), KOMUNIKASI.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:53
Last Modified: 14 Jan 2022 06:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27999

Actions (login required)

View Item
View Item