MAUFIROH ARDILLAH MOSTOFA (2016) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERAN APOTEK SEBAGAI TEMPAT PELAYANAN INFORMASI OBAT DI KECAMATAN KETAPANG MADURA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (108kB)
Halaman Judul.pdf
Download (496kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (265kB)
Abstract.pdf
Download (194kB)
Bab I.pdf
Download (380kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (93kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (529kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
Abstract
Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik kefarmasian oleh Apoteker. Apoteker memiliki tanggung jawab yang paling besar dalam pemberian informasi obat di apotek, untuk mengurangi penggunaan obat yang tidak rasional dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap peran apotek sebagai tempat pelayanan informasi obat, macam informasi obat yang sangat dibutuhkan serta tingkat kesesuaian antara kepenentingan dan kepuasan konsumen dalam menerima pelayanan informasi obat di apotek Kecamatan Ketapang Madura.
Penelitian dilakukan dengan metode penelitian langsung menggunakan kuesioner disertai penjelasan kepada konsumen apotek. Penentuan sampel apotek menggunakan metode purposive sampling dan sampel konsumen ditentukan dengan metode accidental sampling. Analisis data yang dilakukan meliputi distribusi frekuensi, analisis kesesuaian dengan skala linkert dan Diagram Kartesius untuk menentukan urutan prioritas peningkatan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS 10.00
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen dalam hal tingkat pengetahuan mengenai keamanan penggunaan obat sudah cukup tinggi degan skor rata-rata sebesar 3.01, peran apoteker dan pemanfaatan media informasi obat sudah cukup tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3.21, sedangkan penghargaan terhadap informasi obat sedang dengan skor 2.30. Macam informasi obat yang sangat dibutuhkan konsumen meliputi khasiat, dosis, cara penggunaan, frekuensi pengunaan, waktu penggunaan, lama penggunaan, efek samping, penggunaan obat lain yang harus dibatasi dan dihindari, makanan atau minuman yang harus dibatasi dan dihindari, aktifitas yang harus dibatasi dan dihindari,cara penyimpanan, cara pembuangan obat sisa, cara penggunaan obat saat hamil atau menyusui. Presentase kesesuaian antara harapan dan kepuasan konsumen berkisar antara 80.05 % - 99.02%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PELAYANAN INFORMASI OBAT, APOTEK, KINERJA, KEPUASAN |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 06:52 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28000 |