RINDA DYAH PUSPITA (2016) GAMBARAN HAMBATAN DOKTER GIGI SEBAGAI PROVIDER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (108kB)
Halaman Judul.pdf
Download (209kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (216kB)
Abstract.pdf
Download (144kB)
Bab I.pdf
Download (180kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (103kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (291kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan mulai 1 Januari 2014 menjadi tantangan bagi dokter gigi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, terstruktur serta terkendalinya mutu dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hambatan dokter gigi sebagai provider dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Kabupaten Bantul.
Metode : Penelitian ini merupakan observasional deskriptif dengan desain cross-sectional. Subjek penelitian ini adalah seluruh dokter gigi di Puskesmas Kabupaten Bantul dengan teknik penentuan sampel total sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2015 di Puskesmas Kabupaten Bantul. Instrumen penelitian berupa kuesioner persepsi dan kuesioner pengetahuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi dan distribusi rata-rata.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan dokter gigi di Puskesmas Kabupaten Bantul era JKN pada besaran kapitasi (77%), beban kerja (60%), paket manfaat (17%) dan sarana kesehatan gigi (11%). Hasil penilaian pengetahuan dokter gigi mengenai sistem JKN didapatkan bahwa responden memiliki pengetahuan baik (89%), cukup (11%) dan tidak ada responden yang memiliki pengetahuan kurang.
Kesimpulan : Hambatan dokter gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut era JKN di Puskesmas Kabupaten Bantul adalah besaran kapitasi dan beban kerja dengan besaran kapitasi sebagai hambatan dengan nilai tertinggi. Tingkat pengetahuan dokter gigi di Puskesmas Kabupaten Bantul mengenai sistem JKN sebagian besar baik.
Kata Kunci: hambatan, persepsi, pengetahuan, dokter gigi, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: HAMBATAN, PERSEPSI, PENGETAHUAN, DOKTER GIGI, JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jan 2022 02:10 |
Last Modified: | 15 Jan 2022 02:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28005 |