WITRI SETIATUTI (2016) GAMBARAN HAMBATAN DOKTER GIGI SEBAGAI PROVIDER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (31kB)
Halaman Judul.pdf
Download (327kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (240kB)
Abstract.pdf
Download (145kB)
Bab I.pdf
Download (153kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (245kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (304kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (307kB)
Abstract
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program yang memberikan jaminan berupa perlindungan kesehatan . Pelayanan kedokteran gigi merupakan salah satu pelayanan yang dijamin oleh JKN. Berdasarkan hasil observasi pada beberapa berita di media massa dan beberapa penelitian sebelumnya ditemukan beberapa permasalahan yang terdapat di JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hambatan dokter gigi sebagai provider dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di era JKN di puskesmas kota Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 24 dokter gigi yang bekerja di puskesmas kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di seluruh puskesmas kota Yogyakarta pada bulan Agustus-September 2015. Instrumen yang digunakan adalah 2 kuesioner yakni kuesioner persepsi hambatan dokter gigi dan kuesioner tingkat pengetahuan dokter gigi tentang sistem JKN. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi dan distribusi rata-rata.
Hasil:Responden pada penelitian ini sebagian besar adalah perempuan (88%), usia 36-45 tahun (38%) dan bekerja di puskesmas non rawat inap (79%). Hambatan dokter gigi sebagai provider di era JKN adalah besaran kapitasi (87,5%), sarana kesehatan gigi (29%), paket manfaat (54%) dan beban kerja (46%). Tingkat pengetahuan dokter gigi tentang sistem JKN adalah baik (88%) dan cukup (12%).
Kesimpulan:Hambatan dokter gigi dengan nilai tertinggi di era JKN adalah besaran kapitasi. Tingkat pengetahuan dokter gigi tentang sistem JKN di puskesmas kota Yogyakarta adalah baik.
Kata kunci : hambatan, dokter gigi, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HAMBATAN, DOKTER GIGI, JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jan 2022 02:08 |
Last Modified: | 15 Jan 2022 02:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28007 |