Eka Nanda Bhayangkari (2021) MIND MAPPING AS A WAY TO ASSIST STUDENTS IN UNDERSTANDING ENGLISH TEXTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (298kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Bab I.pdf
Download (119kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (840kB)
Abstract
Abstrak
Pemetaan pikiran dapat digunakan sebagai strategi untuk membantu siswa dalam memahami teori, khususnya. Dengan menggunakan mind mapping, siswa dapat mengungkapkan pemahamannya dalam bentuk grafik, gambar, simbol, atau warna yang lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan peta pikiran yang dilakukan oleh siswa dan bagaimana pemetaan pikiran dapat membantu mereka dalam memahami teks bahasa Inggris yang telah mereka baca. Berdasarkan tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui dan menggali lebih dalam informasi yang berkaitan dengan topik tersebut. Peneliti juga menerapkan desain penelitian kualitatif deskriptif untuk menyelidiki pengalaman peserta. Empat mahasiswa Universitas Swasta Islam di Yogyakarta dipilih sebagai partisipan penelitian ini. Peneliti menggunakan wawancara sebagai instrumen penelitian ini untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan empat temuan terkait langkah-langkah pembuatan peta pikiran yang dilakukan oleh siswa. Langkah-langkah tersebut terdiri dari membaca teks, mencari kata kunci yang sesuai, menentukan bagian teks, dan membuat grafik mind mapping. Peneliti juga menemukan enam temuan terkait bagaimana pemetaan pikiran dapat membantu siswa dalam memahami teks bahasa Inggris. Temuan ini mengungkapkan bahwa pemetaan pikiran memungkinkan siswa mencari kata kunci untuk membantu mereka memahami teks, pemetaan pikiran memungkinkan mereka untuk mengingat teks, pemetaan pikiran memungkinkan mereka untuk memahami ide utama teks, pemetaan pikiran memungkinkan mereka untuk memahami bagian-bagian. dari teks, pemetaan pikiran memungkinkan mereka untuk meringkas teks, dan pemetaan pikiran memungkinkan mereka untuk memvisualisasikan isi teks. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi mereka yang ingin mengaplikasikan mind mapping sebagai sarana untuk memahami teks bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 07:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2812 |