TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI GIZI DI RUMAH SAKIT SITI HAJAR MATARAM DAN RUMAH SAKIT UMUM PUSAT MATARAM NUSA TENGGARA BARAT

YOGI PRATAMA MUSTARAM (2011) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI GIZI DI RUMAH SAKIT SITI HAJAR MATARAM DAN RUMAH SAKIT UMUM PUSAT MATARAM NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

NTISARI

Masih banyak dijumpai klinik konsultasi gizi rumah sakit yang belum
memiliki fasilitas memadai, sehingga menimbulkan citra pelayanan gizi yang kurang
professional, sedangkan Rumah Sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan
konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan konsumennya
meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan instalasi gizi di Rumah Sakit Siti Hajar Mataram dan Rumah
Sakit Umum Pusat Mataram Nusa Tenggara Barat.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan
pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang mengisi kuisioner adalah 50 orang
di RS Siti Hajar Mataram dan 50 orang di RSUP Mataram. Pengambilan sampel
menggunakan consecutive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus
2010.

Hasil penelitian didapatkan ada 4Y pasien merasa cukup puas, 90”5 merasa
puas dan 6Y4 merasa sangat puas terhadap pelayanan instalasi gizi di RS Siti Hajar
Mataram sedangkan kepuasan pasien di RSUP Mataram didapatkan 14Yo pasien
merasa kurang puas, 825 merasa puas dan 4746 merasa sangat puas. Hasil tingkat
kepuasan pasien di RS Siti Hajar Mataram menurut dimensi tangibles (7045),
reliability (690), responsiveness (7170), assurance (7199), emphaty (700) sedangkan
di RSUP Mataram berdasarkan dimensi tangibles (6840), reliability (6372),
responsiveness (620), assurance (6140), emphaty (66Y6). Dari hasil penelitian semua
pasien mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

—. -- Koma KI Waaannnm Dhoian Tnunihloe Rolinhility
�The Level of Patient Satisfaction at Installation Nutrition Services in Siti Hajar
Mataram Hospital and General Mataram Central Hospital West Nusa Tenggara

Yogi Pratama Mustaram!, dr. H. Kusbaryanto, M.Kes.,?.
'student faculty of medicine and health scienes UMY, “Public health section faculty
of medicine UMY

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:50
Last Modified: 07 Feb 2022 02:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28168

Actions (login required)

View Item
View Item