Perbedaan Tingkat Perkembangan Anak Yang Mengikuti Kelompok Bermain Dibandingkan Anak Yang Mengikuti Satuan PAUD Sejenis

DESTRIYANTI RUKMANA SARI (2010) Perbedaan Tingkat Perkembangan Anak Yang Mengikuti Kelompok Bermain Dibandingkan Anak Yang Mengikuti Satuan PAUD Sejenis. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Intisari

Latar belakang: Proses tumbuh kembang anak berlangsung secara alamiah,
tetapi proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orang tua. Periode
penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Pada masa ini memerlukan
rangsangan atau stimulasi yang berguna agar potensinya berkembang. Indonesia telah
mengembangkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk anak-anak
prasekolah yang bertujuan menstimulasi perkembangan anak sedini mungkin. Salah
satu bentuk nyata adalah banyaknya anak usia prasekolah yang sudah dimasukkan
kelompok bermain. Secara kelembagaan, satuan PAUD sejenis sama dengan
kelompok bermain, namun secara kuantitas jam belajar di kelompok bermain lebih
lama dibandingkan satuan PAUD sejenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada atau tidak perbedaan tingkat perkembangan anak yang mengikuti
kelompok bermain dengan anak yang mengikuti satuan PAUD sejenis.

Metode: Penelitian ini adalah non-eksperimental dengan pendekatan cross
sectional. Subyek penelitian adalah anak usia prasekolah yang memenuhi kriteria
yang telah ditentukan. Subyek yang didapat sebanyak 84 orang, terbagi menjadi 42
orang di kelompok bermain, 42 orang di satuan PAUD sajenis. Instrumen yang
digunakan adalah kuisioner pra skrining perkembangan dengan menggunakan uji chi-
sguare sebagai analisis data.

Hasil: Perkembangan anak di kelompok bermain dan satuan PAUD sejenis
terdapat perbedaan yang bermakna dengan tingkat signifikansi 0,018. Hasil
perkembangan anak di kelompok bermain adalah 66,740 sesuai, 28,6” meragukan,
dan 4,8Yo terlambat, sedangkan di satuan PAUD sejenis 35,7Yo sesuai, 54,8Yo
meragukan, dan 9,594 terlambat.

Kesimpulan: Ada perbedaan perkembangan antara anak yang mengikuti
kelompok bermain dengan anak yang mengikuti satuan PAUD sejenis dengan tingkat
kepercayaan 0,018, yaitu jumlah anak yang perkembangannya sesuai pada kelompok
bermain lebih banyak dibandingkan pada satuan PAUD sejenis.

Kata kunci : perkembangan anak, PAUD, kuisioner pra skrining perkembangan.

ABSTRACT

Background: The process of child growth and development occurred
naturally, but the process is highly depend on adults or the elderly. Critical period in
child development are infancy. In this period reguires excitement or stimulation that
is useful to develop their potential. Indonesia has developed a program of Early
Childhood Education (PAUD) for preschoolers that aim to stimulate a child's
development as early as possible. One of the real forms is the number of preschool
children who had entered the play group. Institutionally, similiar units of PAUD is the
same type of play groups, but the guantity of hours of learning in a play group was
longer than similiar units of PAUD. This study purposed to determine whether there
are differences in levels of child development which followed the play group with the
children who followed similiar units of PAUD.

Methods: This is a non-experimental with cross sectional approach. The
subjects were preschool children who meet the established criteria. The gained
subjects are 84 people, divided into 42 people in a play group, 42 people in similiar
units of PAUD. The used instrument is developments pre screening guestionnaire
with chi-sguare test for data analysis.

Results: The development of children in playgroup and similiar units of
PAUD showed significant difference with a significance level of 0.018. The result of
the development of children in play group was 66.744 appropriate, 28.6Y4 doubtful,
and 4.875 slower, whereas in similiar units of PAUD was 35.7Y6 appropriate, 54.846
doubtful, and 9.5Yo slower.

Conclusion: There are differences in development between children who
followed the play group with the children who followed similiar units of PAUD in
confidence level of 0.018, such as development of children that appropriate in
playgroup more than development of children in similiar units of PAUD.

Keywords: child development, early childhood education, developments pre
screening guestionnaire.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:17
Last Modified: 26 Mar 2022 02:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28210

Actions (login required)

View Item
View Item