INTERAKSI ALLOPURINOL DAN EKSTRAK ETANOL DAUN GANDARUSA (Justicia gendarussa Burm.) TERHADAP KADAR ASAM URAT DARAH PADA TIKUS PUTIH JANTAN

Aisha Yuswini Aldiyati (2010) INTERAKSI ALLOPURINOL DAN EKSTRAK ETANOL DAUN GANDARUSA (Justicia gendarussa Burm.) TERHADAP KADAR ASAM URAT DARAH PADA TIKUS PUTIH JANTAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hiperurisemia adalah suatu keadaan yang ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat darah. Masyarakat tidak hanya menggunakan allopurinol, tetapi secara bersamaan menggunakan herbal untuk menurunkan kadar asam urat darah. Herbal yang terbukti menurunkan kadar asam urat darah adalah daun gandarusa (Justicia gendarussa Burm.). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui interaksi antara allopurinol dan ekstrak etanol daun I gendarussa Burm. terhadap kadar asam urat darah. Desain penelitian ini adalah eksperimental murni. 20 ekor tikus putih jantan (Rattus norvegicus) galur Wistar, dibuat hiperurisemia dengan induksi jus hati ayam 3 mg/200 kgBB selama 28 hari, dilanjutkan pemberian perlakuan hingga hari ke-35. Tikus dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan, diberi allopurinol 10 mg/kgBB, kombinasi allopurinol 10 mg/kgBB dan 111,012 mg/kgBB ekstrak etanol daun J. gendarussa Burm., serta kombinasi allopurinol 10 mg/kgBB dan 222,024 mg/kgBB ekstrak etanol daun J. gendarussa Burm, perlakuan diberikan selama 7 hari. Pemeriksaan kadar asam urat darah dilakukan pada hari 0, 28, dan 35. Selisih kadar asam urat darah tikus sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok tanpa perlakuan adalah 0,32 ± 0,38; kelompok allopurinol 10 mg/kgBB adalah 0,76 ± 0,34; kelompok kombinasi allopurinol 10 mg/kgBB dan ekstrak etanol I gendarussa Burm. 111,012 mg/kgBB adalah 0,74 f 0,72; kelompok kombinasi allopurinol 10 mglkgBB dan ekstrak etanol I gendarussa Burm. 222,024 mg/kgBB adalah 0,44 ± 0,30. Dapat disimpulkan pemberian kombinasi allopurinol dan ekstrak etanol daun J. gendarussa Burm. menimbulkan interaksi obat yang bersifat antagonistik. Kombinasi allopurinol 10 mglkgBB dan ekstrak etanol daun I gendarussa Burm. 111,012 mg/kgBB memiliki efek antagonistik yang lebih kuat dibanding kombinasi allopurinol 10 mg/kgBB dan ekstrak etanol daun I gendarussa Burm. 222,024 mg/kgBB.
Katy kunci- asam urat_ hiperurisemia. Justicia 2endarussa Burm.,

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:45
Last Modified: 25 Nov 2022 07:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28286

Actions (login required)

View Item
View Item