PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP STATUS PLAK (PHP-M) (Kajian pada mahasiswa yang bertempat tinggal di asrama Program Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Negeri Yogyakarta (UNY))

Andang Agnesia Leo Pawitra (2008) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP STATUS PLAK (PHP-M) (Kajian pada mahasiswa yang bertempat tinggal di asrama Program Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Pengetahuan adalah keseluruhan pemikiran, gagasan, ide, konsep dan pemahaman yang dimiliki manusia tentang segala sesuatu juga mencakup praktis dalam memecahkan berbagai persoalan hidup yang belum dilakukan secara sistematis. Tingkat pengetahuan akan kesehatan dapat memberikan pengertian tentang sebab, cara penanggulangan, pemeliharaan dan usaha pencegahan penyakit, sehingga akan tumbuh kemauan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Kebersihan gigi dan mulut yang baik adalah keadaan dimana rongga mulut yang bebas dari suatu akumulasi debris, plak, material alba, dan stain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut terhadap status plak (PHP-M). Penelitian ini merupakan penelitian survei epidemiologi analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan mengmbil sample sejumlah 60 mahasiswa PGSD FKIK UNY dan setiap subyek yang memenuhi kriteria inklusi dimasukan kedalam penelitian sampai subyek yang diperlukan terpenuhi. Cara penelitian ini dengan menggunakan kuesioner tentang pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dan dilakukan penilaian indeks plak (PHP-M). Analisis data menggunakan chi-square test lalu dilanjutkan dengan menggunakan oneway anava pada signifikasi 0.05.
Hasil uji statistik menunjukan dengan menggunakan oneway-anava dapat diketahui p=0,307 berarti sesuai dengan hasil, dari hasil p>0,05 tidak terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pengetahuan terhadap status plak (PHP-M) tetapi terdapat perbedaan dan hasil rata-rata tingkat pengetahuan responden perempuan memiliki rata-rata tingkat pengetahuan yang lebih baik daripada rata-rata tingkat pengetahuan responden laki-laki. p=0,037 (p>0,05) kesimpulan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut terhadap satus plak (PHP-M).
ifeta Kimpi • Ppnar•tahlinn Kesehatan Gicii clan Mnhit Status Plak (PHP-M1

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:48
Last Modified: 29 Mar 2022 02:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item
View Item